Jajaran Bawaslu Jepara Terima Vaksin Tahap 1 - Soeara Moeria

Breaking

Tuesday, 9 March 2021

Jajaran Bawaslu Jepara Terima Vaksin Tahap 1

Jajaran Bawaslu terima vaksin tahap 1. (Istimewa)

Jepara, soearamoeria.com - Jajaran Bawaslu Kabupaten Jepara mengikuti program vaksinasi Covid-19, Rabu (10/3/2021). Selain komisioner vaksinasi juga diikuti pegawai sekretariat Bawaslu Jepara di Puskesmas Jepara. Difasilitasi Dinas Kesehatan Kabupaten Jepara melalui Puskesmas Jepara, mereka divaksin untuk dosis yang pertama.


“Alhamdulilah jajaran Bawaslu Jepara sudah divaksin. Ini adalah vaksin yang pertama,” kata Ketua Bawaslu Jepara, Sujiantoko.


Sujiantoko menambahkan program vaksinasi untuk jajaran komisioner beserta seluruh staff Bawaslu Jepara ini, adalah bagian usaha Bawaslu dalam ikut serta membantu mensukseskan program pemerintah dalam memutus rantai penyebaran covid 19.


Sebelum vaksinasi dilakukan, peserta mengisi formulir penerima vaksin untuk diserahkan ke meja 1. Dari meja 1 peserta dites tensi dan suhu tubuh serta tekanan darah di meja 2. Kemudian ke meja 3 untuk diskrining terlebih dahulu, apakah menderita penyakit lainnya yang tidak memungkinkan dilakukan vaksinasi.


Jika lulus skrining, di meja 4 barulah peserta dilakukan vaksinasi. Setelah vaksin disuntikan, semuanya peserta diarahkan menuju ruang observasi. Di sana peserta ditanya apakah ada reaksi akibat vaksinasi tersebut. Petugas mencatat ketika dan keluhan kemudian jika pasca vaksinasi petugas terdapat keluhan yang signifikan petugas mengarahkan untuk menkonsultasikan pada dokter dengan nama yang tertera pada kartu vaksinasi.


Sejauh ini dari hasil observasi, semua peserta tervaksin belum terjadi reaksi negatif. Selanjutnya, setelah dosis pertama vaksinasi ini, akan dilanjutkan pada dosis kedua 14 hari kemudian akan dilakukan vaksin tahap kedua.

“Untuk Vaksinasi kedua akan dijadwalkan 2 minggu kemudian,”Kata Sujiantoko.


Sebelumnya Bawaslu Jepara telah menerima surat dari Dinas Kesehatan Jepara No. 443.1/0555 guna menindaklanjuti kebijakan Kementerian Kesehatan RI dalam rangka percepatan program vaksinasi nasional. Menindaklanjuti surat tersebut Bawaslu Jepara telah mengirimkan data pegawai dalam rangka untuk mendukung program tersebut. Kemudian melalui surat dari UPTD Puskesmas Jepara no. 440/099/III/2021 perihal Pemberitahuan pekasanaan vaksinasi Covid-19 yang dijadwalkan pukul. 08.00-11.00 WIB.


Sementara itu salah satu peserta vaksinasi Dian Fatma merasa lega dengan selesainya vaksinasi dosis pertama ini. Sebelumnya ia merasa takut, gelisah dan hampir menangis, apalagi jika dihadapkan dengan jarum suntik. Namun setelah divaksin tidak terjadi apa yang ia bayangkan.


“Saya merasa lega, ternyata hanya sakit sedikit, saya dijadwalkan vaksin tahap 2 yaitu pada 24 Maret 2021,” beber Dian Fatma. (sm)

No comments:

Post a comment