Panti Carita, Upaya Tingkatkan Percaya Diri Anak-anak Panti - Soeara Moeria

Breaking

Tuesday, 9 February 2021

Panti Carita, Upaya Tingkatkan Percaya Diri Anak-anak Panti

 

Panti Carita, progam sosial LKSA Aisyiyah Jepara. (Tika)
Jepara, soearamoeria.com - Girl Leadership Program adalah salah satu kegiatan yang dilaksanakan Yayasan PLAN Indonesia untuk mendukung anak perempuan dan kaum perempuan di Indonesia dalam mendorong kepemimpinan anak perempuan dalam pembangunan di Indonesia.

 

Sebanyak 600 perempuan muda yang berusia 15-24 mengikuti seleksi ini dan terpilihlah 120 perempuan dari 30 provinsi di Indonesia untuk mendapatkan mentoring. Mentoring pertama diberikan langsung oleh Sri Mulyani, Menteri Keuangan RI sebagai principal mentor pada 20 Desember 2020 dan dilanjutkan mentoring dengan youth mentor. 


Panti Carita adalah program sosial yang diusung Brelyantika Indra Jesa perwakilan dari Kabupaten Jepara dalam mengikuti kegiatan ini. “Panti Carita ini memiliki tujuan untuk meningkatkan kepercayaan diri dan mendukung anak-anak perempuan di Panti Asuhan dalam meraih impiannya,” terang Tika. 


Kegiatan pertama yang dilaksanakan oleh Panti Carita adalah seminar tentang kesetaraan gender bagi perempuan dalam bidang pendidikan (Women in Gender Equality) yang mengundang narasumber Nadea Latifah Nugrahaeni, LLM yang merupakan alumni Wuhan Univeristy, China dan saat ini menjadi Dosen di UIN Walisongo Semarang serta STIH Iblam Jakarta. 


Perempuan yang akrab disapa Kak Nadea memberikan banyak inspirasi kepada adik-adik di LKSA Aisyiyah Jepara bahwa perempuan juga bisa melakukan banyak hal seperti melanjutkan pendidikan tinggi. “Dan memberikan semangat bahwa ketika kita mau kita pasti bisa,” tambah Kak Nadea, Rabu (10/2/2021). 


Kesempatan itu dia juga menceritakan pengalaman ketika kuliah S1 hingga melanjutkan S2 di China melalui beasiswa. Hal itu sama dengan pepatah “tuntutlah ilmu sampai ke negeri China.” 


Anak-anak di LKSA Aisyiyah Jepara juga diminta menulis impiannya sebagai perempuan pada kertas dan menempelkannya di pohon impian untuk kemudian dibacakan. Sesi ini menambah motivasi adik-adik agar percaya bahwa impiannya mampu diraih, bahkan beberapa adik-adik juga terharu saat menyampaikan impiannya. 

 

Akan ada tiga sesi selanjutnya sebagai lanjutan dari program Panti Carita bersama Yayasan PLAN Indonesia dalam mendukung adik-adik perempuan di LKSA Aisyiyah Jepara. (sm)

No comments:

Post a Comment