Kurangi Dampak Polusi, Karang Taruna Kalipucang Wetan Jepara Gelar Penghijauan - Soeara Moeria

Breaking

Saturday, 5 December 2020

Kurangi Dampak Polusi, Karang Taruna Kalipucang Wetan Jepara Gelar Penghijauan

 

Gerakan penghijauan Karang Taruna Kalipucang Wetan.
Jepara, soearamoeria.com - Karang Taruna “Rukun Agawe Santosa” Desa Kalipucang Wetan Kecamatan Welahan Kabupaten Jepara untuk mengurangi polusi industri batu bata menggelar gerakan menanam pohon yang dilaksanakan pada Minggu (6/12/2020). 


Kegiatan penghijauan tersebut dihadiri Petinggi Kalipucang Wetan H. Subkan, perangkat desa, BPD, dan anggota Karang Taruna. Adapun lokasi penghijauan sepanjang Jalan Desa Kalipucang Wetan yang meliputi Jalan Raya Welahan KM 05, area persawahan dan beberapa titik yang tingkat polusinya cukup tinggi. 


Adapun tanaman yang ditanam adalah Bambu Jepang sebanyak 600 bibit dan 300 bibit Ketepeng Kencana. Ratusan bibit tersebut berasal dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Jepara.


Ketua Karang Taruna Rukun Agawe Santosa, Kuswanto mengatakan kegiatan bertujuan untuk mengurangi dampak polusi udara dari kendaraan bermotor yang semakin banyak juga mengurangi beban risiko polusi udara industri batu bata di Desa Kalipucang Wetan dan sekitarnya. 


Antusias anggota Karang Taruna untuk menanam pohon.
“Selain itu juga untuk memperindah pemandangan tata kelola lingkungan di sekitar Jalan Kalipucang Wetan,” katanya. 


Kuswanto menambahkan Karang Taruna yang dipimpinnya terbilang baru karena baru dua bulanan ini dikukuhkan. Meski baru pihaknya mendukung visi misi Petinggi yakni menginginkan adanya perubahan yang signifikan terhadap pembangunan desa. “Kegiatan ini juga bagian dari proses menuju Kalipucang Wetan sebagai Desa Wisata,” tambahnya. 


Petinggi Kalipucang Wetan, H Subkan mendukung penghijauan tersebut. “Kami mendukung penuh program penghijauan ini dan berharap kegiatan ini tidak hanya sebatas seremonial saja tapi juga berkelanjutan dan diimbangi dengan semangat merawat lingkungan yang baik,” pungkasnya. (sm)

No comments:

Post a Comment