Menyebar Virus Literasi Melalui Gerakan Literasi Ma’arif - Soeara Moeria

Breaking

Sabtu, 07 November 2020

Menyebar Virus Literasi Melalui Gerakan Literasi Ma’arif

Sebar virus literasi melalui Gerakan Literasi Ma'arif.

Rembang, soearamoeria.com - LP Ma’arif  NU Lasem menggelar Diklat Gerakan Litaerasi Ma’arif (GLM) dalam rangka menyebarkan virus literasi di kalangan pendidik dan tenaga kependidikan khususnya  di lingkungan LP Ma’arif NU Lasem. Diklat diikuti oleh MA NU Lasem, SMK NU Lasem, SMP NU Lasem dan sekolah lain di bawah lingkungan LP Ma’arif NU Lasem. 


Muhammad Nur Hasan, MH, Ketua LP Ma’arif NU Lasem mengatakan bahwa tujuan diadakannya Diklat ini adalah untuk menyebarkan virus literasi di kalangan LP Ma’arif NU sehingga nantinya tidak pelit ilmu dan informasi. “Budayakan membaca, dan menulis karena salah satu media promosi kita adalah melalui literasi,” ungkapnya saat membuka acara.


Gerakan Litrerasi Maarif yang diselenggarakan di MA NU Lasem, Sabtu (7/11/2020) membahas tiga materi yaitu kuliah literasi dan Jurnalistik oleh Hamidulloh Ibda (Penulis, Koordinator GLM LP Ma’arif  PWNU Jateng), kuliah desain grafis dan videografi oleh Miftakhul Khoiri (Youtuber, Content Creator LP Ma’arif PWNU Jateng) dan kuliah sastra oleh Eko sam (Cerpenis, Editor Maarifnujateng.or.id).


Seperti yang disampaikan Hamidulloh Ibda, bahwa kunci meningkatkan virus literasi di kalangan pendidik dan tenaga pendidikan maka tiga pilar dalam literasi harus dikembangkan yaitu gemar menulis, membaca dan mengarsip. 


Melalui gemar menulis ini maka kita diimbau untuk bisa memberikan lebih banyak informasi yang bermanfaat bagi siswa dan masyarakat pada khususnya. Selain memberikan materi tentang literasi dan jurnalistik, ia juga memberikan penugasan kepada peserta diklat untuk membuat berita langsung (straight news) tentang pelaksanaan Diklat GLM ini. “Literasi bukan segalanya, namun segalanya bisa dimulai dari sana,” kata Hamidulloh Ibda mengakhiri materi. 


Diklat GLM ini diharapkan bisa ditindaklanjuti, sehingga penyebaran virus literasi ini benar-benar masuk di kalangan LP Ma’arif NU Lasem. “Ke depannya jika akan mengirimkan berita silakan kirimkan ke saya biar nanti saya bantu untuk menayangkan berita panjenengan,” tandas Ibda. (li)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar