Mahasiswa FPK UIN Walisongo Ditantang Memiliki Good Leadership - Soeara Moeria

Breaking

Sunday, 15 November 2020

Mahasiswa FPK UIN Walisongo Ditantang Memiliki Good Leadership

 

LDK FPK UIN Walisongo Semarang.
Semarang, soearamoeria.com - Dema FPK UIN Walisongo Semarang menyelenggarakan Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) diikuti 40 an mahasiswa. Kegiatan ini bertempat di Hotel Pandanaran Jl Pandanaran 58, Simpang Lima Semarang, Senin (16/11/2020).


Acara pembukaan dihadiri oleh Dekan beserta jajarannya serta para mahasiswa peserta LDK di lingkungan FPK UIN Walisongo Semarang.


WD III FPK, H. Moh. Arifin, M.Hum,  dalam laporannya menyampaikan bahwa LDK ini merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan oleh Dema FPK setiap tahunnya. Ia memotivasi bahwa bukan hal yang mustahil mereka kelak akan menjadi pemimpin besar, karena salah satu wakil gubernur di Indonesia adalah mahasiswinya sendiri. Oleh karena itu kegiatan ini perlu dilaksanakan dengan sungguh-sungguh sehingga bisa menjadi bekal bagi mahasiswa dalam menjalankan organisasi. 


Dekan FPK UIN Walisongo, Prof. Dr. H. Syamsul Ma'arif, M.Ag, sebagai keynote speaker menyampaikan apresiasi terhadap peserta yang telah ikut untuk kegiatan LDK ini. Segala ilmu yang diperoleh dalam kegiatan ini tidak akan didapatkan di bangku kuliah. Padahal, sebagai kader penerus bangsa, mahasiswa memerlukan pemikiran (knowledge), skill, dan sikap seperti integritas seorang pemimpin agar bangsa ini diperhitungkan dunia. 


Mengutip Mabadi’ Asyroh Nalar Fikih Sosial, ia menyampaikan bahwa alm. KH Ali Yafie pernah menyatakan bahwa kebijakan pemimpin kepada rakyatnya harus sesuai dengan kemaslahatan. Kebijakan ini secara otomatis akan menjauhkan sang pemimpin dari sikap bertangan besi, karena hal itu tidak maslahat. Mereka juga akan mengharamkan diri mereka dari berbagai godaan materialisme, karena hal itu juga tidak maslahat. 


Oleh karena itu pelatihan LDK ini sangatlah penting dalam rangka mempersiapkan serta menjadikan generasi muda yang tangguh dan membentuk jiwa pemimpin yang profesional sekaligus insan kamil di mata Allah. The Secret to success is good leadership, and good leadership is all about making the lives of your team members or worker better.  


Acara dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh Dr. Tedi Khaliludin, M.Si (Ketua Yayasan Pemberdayaan Komunitas ELSA) dan Syarif Hidayatullah, S.Psi (alumni FPK yang kini menjadi Ketua Komunitas Kejar Mimpi Kota Semarang)  acara ini berakhir jam 16.30 dengan penutupan acara dihadiri  oleh Wakil Dekan Bidang kemahasiswaan  dan alumni. (hi)

No comments:

Post a comment