Kemenag RI Gelar Pelatihan Guru dan Tendik di Daerah 3T - Soeara Moeria

Breaking

Friday, 27 November 2020

Kemenag RI Gelar Pelatihan Guru dan Tendik di Daerah 3T

Pelatihan Guru dan Tendik di Daerah 3T Kemenag RI

Ende, soearamoeria.com – Dalam rangka meningkatkan mutu pendidik dan tenaga kependidikan, Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan Madrasah Kemenag RI menggelar “Pelatihan Guru dan Tendik di Daerah 3T” yang terlaksana di Syifa Hotel Jl. Gatot Subroto KM3, Kel. Mautapaga, Ende Timur, Kabupaten Ende, Provinsi Nusa Tenggara Timur. 


Menurut Direktur Guru dan Tenaga Kependidikan Madrasah Kemenag RI Muhammad Zain dalam suratnya, kegiatan itu dimulai pada Sabtu (28/11/2020) sampai Selasa (1/12/2020). Peserta dalam kegiatan itu terdiri atas beberapa elemen guru dari berbagai jenjang dan juga diikuti tenaga kependidikan dari daerah tertinggal, terdepan, terluar.


Sesuai jadwal acara, pada hari pertama Sabtu (28/11/2020), agendanya adalah registrasi dan check-in, pembukaan, dan materi 1 yaitu diisi dari Tim Inovasi Kaltara dengan materi "Strategi Penguatan Kapasitas Guru dan Tenaga Kependidikan Madrasah di Daerah 3T melalui KKG/MGMP/KKM." Materi 2 yaitu "Best Practice Pengelolaan dan Pembinaan Guru melalui KKG/MGMP/KKM" yang juga diisi Tim Inovasi Kaltara.


Hari kedua, Minggu (29/11/2020), pada materi 3 yaitu "Desain Komunitas Belajar Guru Madrasah dan Pengembangan Kemitraan" dengan pemateri Muhammad Ikhsan. Materi 4 yaitu "Membangkitkan Gerakan Literasi di Madrasah dalam Pengembangan Diri Guru melalui Forum Kerja Guru di Daerah 3T" yang disampaikan Hamidulloh Ibda. Materi 5 yaitu "Memeahami Literasi Digital dalam Media Sosial untuk Penguatan Karakter Guru yang Moderat" yang diisi Asriyati, M.Ag. Materi 6 yaitu "Kebijakan Pendidikan Islam tentang PTK Madrasah di Daerah Perbatasan" yang disampaikan Dirjen Pendidikan Islam Prof. Dr. H. Muhammad Ali Ramdhani, STP., M.T.


Hari ketiga, Senin (30/11/2020), materi 7 yaitu "Peningkatan Profesionalisme Guru dan Tendik Madrasah melalui PKB Guru" yang diisi Direktur GTK Madrasah Kemenag Dr. Muhammad Zain, M.Ag. Materi 8 yaitu "Merancang Pembelajaran Menyenangkan bagi Guru di Masa Pandemi" yang diisi Dr. Hj. Hilda Ainissyifa’. Materi 9 yaitu "Assesment Kompetensi Guru dan Kebijakan Peningkatan Kompetensi PTK Madrasah" yang diisi Mustofa Fahmi. Meteri 10 yaitu "Inovasi Pembelajaran Mandiri melalui Pembuatan Video Pembelajaran Berbasis Smartphone" yang diisi Abdul Malik MSN. Sedangkan lanjutan materi 10 adalah "Praktek Pembuatan Video Pembelajaran dengan Berbasis Smartphone" yang dipandu Abdul Malik MSN.


Hari keempat, Selasa (1/12/2020) adalah penyelesaian laporan, penutupan, dan penyelesaian administrasi.


Sesuai rencana, selain mengenalkan teori dan best practice, pelatihan ini akan berorientasi pada produk yang menyasar pada kemampuan guru dan tendik madrasah di wilayah atau daerah 3T. (hi)

No comments:

Post a comment