MTs Maarif Gemawang Gelar Refleksi Hari Pramuka - Soeara Moeria

Breaking

Jumat, 14 Agustus 2020

MTs Maarif Gemawang Gelar Refleksi Hari Pramuka

Webinar Hari Pramuka MTs Maarif Gemawang. (Dok. Istimewa)
Temanggung, soearamoeria.com - Madrasah Tsanawiyah (MTs) Ma’arif Gemawang menggelar Seminar Web (Webinar) dalam rangka merayakan Hari Ulang Tahun Gerakan Pramuka ke-59. Acara bertajuk Refleksi Hari Pramuka ke-59 dilaksanakan pada Jumat (14/8/2020). Peserta yang terdiri dari pembina dan adik-adik penggalang MTs Ma’arif Gemawang tersebut antusias mengikuti jalannya kegiatan.

Narasumber Webinar, Wahyu Egi Widayat mengatakan kegiatan dilaksanakan untuk ikut merayakan hari Pramuka ke-59. "Sebelum-sebelumnya sering melaksanakan upacara bendera, karena ada pendemi dan untuk adik-adik belum masuk sekolah sehingga dilaksanakan webinar ini. Tujuannya, agar adik-adik tetap berpartisipasi dalam merayakannya. Tidak kosong dengan kegiatan dan tetap produktif di masa pandemi ini, tegas laki-laki yang juga menjadi pembina," katanya. 

Ditambahkan, adik-adik Pramuka harus bisa membantu mensosialisasikan protokol kesehatan. Agar mengurangi dampak penyebaran Covid-19 sehingga dapat menekan korban dari virus tersebut.

Pramuka lanjutnya harus berperan aktif, apalagi dengan slogan “Terdepan Bergerak”. Dari slogan tersebut diharapkan seluruh anggota Pramuka berada di garda terdepan untuk membantu meminimalisir penyebaran Covid-19 di daerahnya melalui sosialisasi.

“Peran aktif anggota bukan sekadar fokus pada Covid-19, tapi juga pada pendidikan”  jelasnya.

Pramuka merupakan organisasi yang melatih dan membentuk karakter. Sehingga, pembentukan Sumber Daya Manusia (SDM) melalui karakter yang bagus juga harus dipersiapkan. Hal tersebut mengutip dari pidato Presiden terkait hari Pramuka. Oleh karenanya, sebagai anggota pramuka yang aktif, perlu dibenahi kualitas SDM mulai dari diri sendiri nanti melebar ke orang sekitar.

Retno Kun Ratih, Pembina Pramuka MTs Maarif Gemawang menambahkan di era pandemi ini belum dapat menjalankan ekstrakurikuler Pramuka secara langsung. Sehingga dengan adanya daring ini dapat menjadi inovasi untuk adik-adik dalam menambah skill.

“Pandemi seperti sekarang ini jangan sampai menambah kemalasan,” tegasnya.

Sebagai seorang anggota Pramuka sambungnya harus mampu mengamalkan kode etik Gerakan Pramuka yaitu Tri Satya dan Dasa Darma. "Tetap disiplin sebagai wujud bela negara dan mengasah kemampuannya," pungkasnya. (hi)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar