Pentingnya Pendidikan Pancasila di Kalangan Masyarakat - Soeara Moeria

Breaking

Thursday, 16 January 2020

Pentingnya Pendidikan Pancasila di Kalangan Masyarakat

Pendidikan Pancasila.
Judul : Pendidikan Pancasila
Penulis : M. Taufik,S.H., Diyan Isnaeni, S.H., M.H., Dr. Mayiyadi,S.H., M.H., Prof.Dr. Drs. Yaqub Cikusin, S.H., M.Si., Dr. Hj. Rahmatul Hidayati, S.H., M.H, Dr. Suratman, S.H., M.H., Drs. H. Moh. Bakar Misbakhul Munir, M.H., H. Umar Said Sugiharto, S.H., M.S., Dr. H. Abdul Rokhim, S.H., M.Hum., Hayat, S.AP., M.Si., Drs. Noorhuda Muchsin, B.E., M.M., Dr. Ir. Sumartono,M.P.
Penerbit : Penerbit Baskara Media
Tebal : 382 halaman
Terbit : Pertama, Juli 2018
Penyunting : Hayat dan H. Suratman
ISBN : 9786025030673
Peresensi : Samsul Bahri H.S, mahasiswa Universitas Islam Malang

Buku ini di susun menjadi 11 bab  yaitu Pancasila dalam lintasan sejarah,pengertian Pancasila dan perkembangannya,Pancasila sebagai ideology negara,Pancasila sebagai system filsafah,Pancasila sebagai etika politik,hubungan agama dan Pancasila,Pancasila sebagai paradigm kehidupan dalam bermasyarakatberbangsa dan bernegara,nilai Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara, undungan-undangan dasar negara republic Indonesia, system pemerintahan,panacasila sebagai dasar nilai pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Pancasila iala sebagai dasar Negara bangsa Indonesia  sering juga di sebut sebaga ideoligi negara dan juga sebagai dasar falsafah  negara karna di dalamnya banyak nilai-nilai yang membentuk karakter dan budaya bangsa,Pancasila juga terlahir dari sejarah bangsa Indonesia yang panjang dan penuh perjuangan untuk mencapai sebuah ke merdekaan.

Setiap kali kita menyusun strategis atau siasat untuk mendapatkan sesuwatu dalam melaksanakan sebua kegiatan politik maka kita harus mengiringin dengan sebuah etika yang mengikuti suatu ajaran norma tertentu atau bagaimana kita harus mengambil sikap yang bertanggung jawab dan moral yang baik. Dan di Indonesia yang memiliki berbagai ajaran atau agama maka kita harus menghargai itu semua agar kita bisa menunjukan bagaimana kita yang memiliki negara Pancasila.
    
Dan sebagai metode atau pola untuk merai beberapa jenis tujuan yang serinkali paradikma merupakan dasar dari sebuah teori, dan Pancasila juga di kembangkan oleh setiap warga negara agar berpartisipasi dalam melaksanakan nilai-nilai Pancasila dalam membangun  kehidupan bermasyarakat,berbangsa,maupun bernegara.
    
Sistem pemerintahan yaitu tatanan utuh yang terdi atas berbagai komponen yang bekerja saling bergantung dan mempengaruhi dalam mencapai tujuan dan fungsi pemerintahan, dan Pancasila sebagai ilmu pengetahuan dan pengembangan teknologi yangi kini mencapai kemajuan pesat sehingga peradaban manusia mengalami perubahan yang luar biasa.pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi juga tidak dapat terlepas dari situasi yang melinkupinya yang berarti selalu berkembang di suatu ruang budaya.
  
Di dalam buku ini juga memiliki kekurangan karna di jaman seperti sekarang ini orang-orang selalu menginginkan suatu hal yang simple daalam melakukan hal apapun seperti membaca buku mereka selalu menginginkan suatu tulisan yang singkat jelas dan padat dan tentunya tidak menimbulkan suatu hal yang membuat mereka merasa bosan,
   
Tetapi buku ini juga sangat banyak mememiliki kelebihan yang sangan-sangat bermaanfaat untuk di pelajari, karna di dalam buku ini mengajarkan kita untuk mengetahui bagaimana pentingnya sejarah-sejarah Pancasila yang harus kita ketahui bahwasannya para prajurit-prajurit yamg sangat sulit untuk memperjuangkan kemerdekaan bangsa Indonesia ini. (*)

No comments:

Post a comment