Pentingnya Pendidikan Pancasila Untuk Perguruan Tinggi - Soeara Moeria

Breaking

Friday, 1 November 2019

Pentingnya Pendidikan Pancasila Untuk Perguruan Tinggi

Pendidikan Pancasila

Judul buku : Pendidikan Pancasila
Penyunting : Hayat dan H. Suratman
Penulis : M. Taufik, S.H., M.H., Diyan Isnaeni, S.H,. M.H., Dr. Mayiyadi,. S.H,. M.H., Prof. Dr. Drs. Yaqub Cikusin, S.H., M.Si., Dr. Hj. Rahmatul Hidayati, S.H., M.H., Dr. Suratman, S.H., M.H., Drs. H. Moh. Bakar Misbakhul Munir, M.H., H. Umar Said Sugiharto, S.H., M.S., Dr. H. Abdul Rokhim, S.H., M.Hum., Hayat, S.AP., M.Si., Drs. Noorhuda Muchsin, B.E., M.M., Dr. Ir. Sumartono, M.P.
Diterbitkan oleh : PENERBIT BASKARA MEDIA
Edisi : Cetakan Pertama, Juli 2018
Jumlah halaman : xii + 382
Peresensi : Ahmad Zainuri, mahasiswa Universitas Islam Malang

Buku yang berjudul “pendidikan Pancasila” yang ditulis beberapa dosen Unisma ini menegaskan kembali bahwa pancasila sebagai falsafat bangsa indonesia dalam kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara dalam segala aspek kehidupan harus berdasarkan nilai nilai ketuhanan kemanusian, persatuan, kerakyatan serta keadilan. Nilai nilai tersebut sejatinya bersumber dari agama dan budaya yang berkembang di dalam kehidupan bangsa Indonesia. Jadi sangat tidak relevan jika pancasila itu bertentangan dengan agama maupun budaya yang berkembang di negara indonesia.

Belakangan ini kita dengar banyak di kampus-kampus yang terpapar radikalisme, dikalangan mahasiswa sendiri bisa dikatakan penyebabnya adalah minimnya pengalaman nilai nilai pancasila yang menjadi cikal bakal merebaknya aliran-aliran ekstremisme yang dapat berakibat pada tndakan-tindakan radikal yang dibungkus dengan aktivitas ilmiah untuk memporak porandakan sendi-sendi kehidupan berbangsa dan bernegara.

Oleh karena itu pendidikan pancasila perlu diajarkan di perguruan tinggi sebagai motivasi dan support  untuk meningkatkan nilai-nilai pancasila dalam kehidupan masyarakat akademik dan menjadi kunci dalam upaya pencegahan terhadap ideologi-ideologi yang menyimpang dari nilai-nilai yang termaktub dalam sila-sila dalam pancasila. Hal ini juga dipertegas oleh UU No. 12 Tahun 2012 Tentang Pendidikan Tinggi yang mengharuskan mata kuliah agama, Pancasila, Kewarganegaraan dan bahasa Indonesia wajib dimasukkan dalam kurikulum pendidikan tinggi untuk program sarjana dan diploma. Jadi pancasila merupakan ideologi yang harus disampaikan, diamalkan dan diaktualisasikan dalam kehidupan kita sehari-hari.

Didalam buku ini membahas tentang pancasila dalam konteks sejarah perjuangan bangsa Indonesia khususnya peran dn tokoh-tokoh ulama, kedudukan pancasila, pancasila sebagai ideologi negara, pancasila sebagai paradigma kehidupan dalam bermasyarakat berbangsa dan bernegara, hubungan agama dan pancasila, hubungan pancasila dengan UUD 1945 serta sistem pemerintahan di indonesia dan pancasila sebagai dasar nilai pengembangan nilai pengetahuan dan teknologi.

Pancasila sebagai paradigma kehidupan dalam bermasyarakat berbangsa dan bernegara. Artinya dalam segala aspek kehidupan baik itu aspek pengembangan pembangunan, pengebangan kehidupan beragama, pengembangan iptek dan imtaq, pengembangan bidang  politik, ekonomi, sosial dan budaya dan sebagainya harus berdasarkan pada hakikat nilai-nilai pancasila yang lahir dari hasil eksplorasi  kebiasaan hidup  bangsa indonesia hidup bangsa indonesia yang teruji oleh perjalana sejarah yang sangat panjang.

Pentingnya kita mempelajari pendidikan pancasila karena pancasila merupakan ideologi negara, bahwasnya ideologi negara dalam arti cita cita negara yang menjadi tempat bagi suatu teori atau sistem kenegaraan untuk seluruh rakyat dan bangsa yang bersangkutan pada hakikatnya merupakan asas kerohanian yang mempunyai derajat yang tinggi sebagai hidup kebangsaan dan kenegaraan. Ideologi pada suatu bangsa pada hakikatnya memiliki ciri khas dan karakteristik masing-masing sesuai dengan sifat dari ciri khas bangsa itu sendiri dan mampu mempertahankan eksistensinya.

Dalam hal ini pancasila sebagai ideologi negara indonesia sesuai dengan ciri khas bangsa Indonesia. Oleh karena itu buku “pendidikan pancasila” ini memberikan pelajaran didalamnya bahwa pnacasila merupakan jiwa bangsa dan negara Indonesia yang harus dan wajib menjadi landasan kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara sehingga paham-paham radikalisme tidak tumbuh dalam diri kita. 

No comments:

Post a comment