Pancasila Sebagai Tatanan Hidup - Soeara Moeria

Breaking

Saturday, 2 November 2019

Pancasila Sebagai Tatanan Hidup

Pendidikan Pancasila
Judul Buku : Pendidikan Pancasila Untuk Perguruan Tinggi
Penyunting : Hayat dan H. Suratman
Penerbit : Baskara Media
Cetakan : Pertama, Juli 2018
Tebal Buku : xii + 382 halaman
ISBN : 978-602-50306-7-3
Peresensi : Laela Elfi Sahri
Fakultas : Ilmu Administrasi Negara
 
Pancasila adalah sebagai sumber tatanan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara bagi bangsa Indonesia. Sebab itu, seluruh tatanan kehidupan masyarakat dan bangsa Indonesia menggunakan Pancasila sebagai dasar moral dan sebagai tolak ukur baik buruk dan benar perubahan dan tingkah laku sebagai bangsa Indonesia.

Pendidikan Pancasila perlu diajarkan sebagai bagian dari motivasi dan support untuk meningkatkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan masyarakat akademik dan menjadi kunci dalam pencegahan terhadap ideologi-ideologi yang menyimpan dari nilai-nilai yang tercangkup dalam sila-sila Pancasila.

Dalam tujuanya buku ini sangat penting untuk memberikan panduan umum tentang bagaimana mengajarkan Pancasila kepada mahasiswa. buku ini membahas tentang Pancasila dalam lintasan sejarah, pengertian Pancasila dan perkembangannya, Pancasila sebagai Ideologi negara, Pancasila sebagai sistem filsafat, Pancasila sebagai etika politik.

Buku ini memudahkan kita memahami tentang Pancasila dan mengamalkan nilai nilai Pancasila untuk menjadikan cikal bakal merebaknya aliran-aliran ekstremisme yang berakibat pada tindakan-tindakan radikal yang dibungkus dengan aktivitas ilmiah untuk memoprak poradakan sendi-sendi kehidupan berbangsa dan bernegara, tidak hanya menyuguhkan tentang pendidikan Pancasila saja, akan tetapi disertai nilai-nilai dasar pancasila dalam kehidupan masyarakat akademik untuk menjadi kunci dalam pencegahan terhadap Ideologi-Ideologi yang menyimpang.

Adanya keanekaragaman suku ras agama, maka dari itu muncullah pancasila untuk menyatukan perbedaan-perbedaan tersebut. Dalam memimpin sebuah negara yang cukup besar ini tentunya kita memiliki pemimpin yang tahu akan memimpin Negara yang sedemikian banyak perbedaan-perbedaan, sehingga pemimpin tersebut harus memiliki sifat kepemimpinan yang mampu memimpin negara ini, dan pemimpin tersebut harus memimpin sesuai dengan nilai-nilai yang terkandung dalam ideologi pancasila.

Dalam membangun suatu negara yang memiliki harkat, martabat dan intelektual yang baik tentunya suatu negara ini memiliki dasar serta asas-asas untuk mewujudkan negara yang makmur, maka bangsa Indonesia harus memiliki dasar-dasar untuk mewujudkannya, maka dari itu harus memiliki pancasila sebagai paradigma pembangunan.

Di sisi lain juga pernah disinggung di atas Pancasila juga sebagai dasar nilai pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, di mana pancasila ini turut ikut ambil bagian dalam pemgembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (Iptek), memang sangat dibutuhkan guna dapat mempercepat laju perkembangan suatu negara, sehingga seiring dalam perkembangan zaman Negara Indonesia tetap mengikuti sesuai dengan perkembangan jaman.

Buku ini memiliki kekurangan yaitu masih banyak kata-kata yang sulit untuk dipahami sehingga pembaca sulit untuk memahaminya.Tetapi buku ini juga memiliki  kelebihan, yaitu memberikan informasi yang terperinci mengenai setiap bab yang terdapat dalam buku ini,semakin menambah wawsan bagi para pembaca nya.

No comments:

Post a comment