Pancasila Sebagai Dasar Nilai Pengembangan Ilmu Pengetahuan - Soeara Moeria

Breaking

Thursday, 7 November 2019

Pancasila Sebagai Dasar Nilai Pengembangan Ilmu Pengetahuan

Pendidikan Pancasila.
Judul Buku : Pendidikan Pancasila
Penulis :  M. Taufik, S.H., M.H., Diyan Isnaeni, S.H., M.H., Dr. Mariyadi, S.H., MH., Prof. Dr.Yaqub Cikusin, S.H., M.Si., Dr. Hj. Rahmatul Hidayati, S.H., M.H., Dr. H. Suratman, S.H., M.Hum., Drs. H. Mohammad Bakar Misbakul Munir, M.H., Umar Said Sugharto, S.H., M.H., Dr. H. Abdul Rokhim, S.H., M.H., Hayat, S.AP., M.Si., Drs. Noorhudha Muchsin, B.E., M.M., Dr. Ir. Sumartono, M.P.,
Penyuting : Hayat dan H Suratman
Cetakan : Cetakan Pertama
Penerbit : 2018
Jumlah Halaman : xii+382 halaman
Peresensi : Firman Revano Binstitusi, mahasiswa Universitas Islam Malang

Pancasila menurut Ir. Soekarno adalah isi dalam jiwa bangsa Indonesia yang turun menurun ada dalam setiap jiwa warga negara Indonesia. Pancasila adalah landasan dari segala keputusan bangsa dan menjadi ideologi tetap bangsa serta mencerminkan kepribadian bangsa. Arus globalisasi memberi dampak besar pada ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK). Pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi harus senantiasa berorientasi pada nilai – nilai Pancasila. Pancasila juga senanstiasa dituntut terbuka dan kritik, bahkan ia merupakan kesatuan dari perkembangan ilmu yang menjadi tuntutan peradaban Indonesia.

Peran pancasila sebagai dasar pengembangan ilmu harus berpegang pada kaidah ilmu, mencakup pertimbangan etis, religius, dan nilai budaya. Menurut buku “Pendidikan Pancasila” Pancasila sebagai dasar pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, yaitu bahwa setiap ilmu pengetahuan dan teknologi yang dikembangkan di Indonesia tidak bertentangan dengan nilai – nilai yang terkandung dalam pancasila, setiap ilmu pengetahuan dan teknologi yang di Indonesia harus menyertakan nilai – nilai pancasila, nilai – nilai pancasila mampu mengendalikan iptek agar tidak keluar dari cara berpikir dan cara bertindak bangsa Indonesia, setiap pengembangan iptek harus berakar dari budaya dan ideologi bangsa Indonesia.

Dalam buku “Pendidikan Pancasila” menjelaskan secara lengkap dan runtun tentang pancasila. Buku ini sangat menarik dari segi sampul dan bahan kertas yang digunakan. Isi didalamnya juga lengkap hanya saja banyak istilah – istilah yang orang awam mungkin akan sulit mengerti.

No comments:

Post a comment