Mendalami Ilmu Administrasi Publik - Soeara Moeria

Breaking

Thursday, 7 November 2019

Mendalami Ilmu Administrasi Publik

Kebijakan publik. 
Judul : Kebijakan Publik Evaluasi, Reformasi dan Formulasi
Pengarang : Hayat, S.A.P, M.Si.
Penerbit : Intrans Publishing
Cetakan : Juli, 2018
Tebal : XXIV + 134 hal
ISBN : 978-602-6293-52-7
Peresensi : Ahmad Hadi Santoso, mahasiswa Ilmu Administrasi Universitas Islam Malang

Buku Kebijakan Publik Evaluasi Reformasi dan Formulasi ini merupakan buku yang ditulis dan di rilis pada bulan juli 2018. Buku ini membahas ilmu kebijakan publik secara luas juga memberikan teori. Konsep dan cara cara yang dibangun dalam rangka menciptakan good governance dalam rangkah reformasi kebijakan publik juga memberikan formulasi untuk kebijakan publik.

Buku ini mudah difahami oleh pembacanya. Selain itu buku ini cocok untuk referensi bagi seseorang yang sedang mempelajari kebijakan publik, sepertihalnya mahasiswa, pemerintah juga bisa menjadikan buku ini sebagai refrensi alternatif dalam kebijakan publik. Buku ini sangat detail menjelaskan tentang kebijakan publik terlihat dari sub bab yang menjelaskan secara detail.
Kebijakan Publik dibuku ini, bagaimana dijelaskan tentang pengertian kebijakan publik dalam menyelenggarakan pemerintahan juga memberikan teori teorinya. Selain itu buku ini juga tidak terlepas dari kebutuhan, tuntutan, kepentingan, dan agenda setting semua pihak pemerintah, kebijakan publik dibuat untuk menjawab persoalan-persoalan yang muncul dalam kehidupan masyarakat dengan berbagai aspek yang berlaku didalamnya.

evaluasi kebijakan publik dalam buku ini memberikan evaluasi tentang hasil kinerja yang telah di lampaui yang bersifat evaluative untuk mencapai suatu tujuan yang telah ditentukan bersama. Dengan buku ini ada banyak cara untuk mengevaluasi kebijakan publik secara teknis, dalam bab evaluasi kebijakan publik ini banyak teori-teori yang bisa dijadikan referensi untuk mengevaluasi kebijakan publik untuk lebih baik.

dalam bab reformasi birokrasi ini dijelaskan tentang tata cara merubah birokrasi kearah yang lebih baik dengan cara yang kongkrit, dalam buku ini sudah dijelaskan secara detail beserta teori-teori yang dijadikan pedoman reformasi birokrasi.

Pelayanan dan good governance dalam buku ini membahas tentang bagaimana menciptakan good governance yang bisa memberikan pelayanan yang maksimal untuk masyarakat.
Dalam bab terakhir dijelaskan tentang formulasi kebijakan publik dan mempelajari tentang bagaimana konsep formulasi kebijakan dan juga prinsip-prinsip dan bebagai model formasi kebijakan.

Dalam buku kebijakan publik ini memberikan nuansa baru dalam kajian kebijakan public. Argumentasi yang disampaikan dalam buku ini memberikan pandangan dan paradigma baru. Reformasi kebijakan yang dibangun dalam penentuan formula kebijakan menjadi titik kunci dari keberhasilan suatu program yang menjadi output dari kebijakan public. Aspek evaluasi kebijakan public menjadi ranah bagi actor kebijakan untuk mengetahui apakah kebijakan publik yang sudah dilakukan berjalan sesuai yang diharapkan. 

Maka porsi reformasi menjadi penting setelah ada rekomendasi atau saran dalam evaluasi kebijakan public. Reformasi kebijakan bergerak setelah evaluasi kebijakan dilakukan. Apakah kebijakan yang sudah dijalankan dilanjutkan, dihentikan, atau dengan varian lain tetapi dengan formula yang sama. Fungsi reformasi kebijakan adalah menentukan program yang sudah dijalankan untuk dilakukan reformulasi kebijakan, sehingga kebijakan public sesuai dengan kebutuhan tepat sasaran, dan tepat waktu serta menjadi kebijakan public yang menghasilkan program-program yang lebih baik dan berkualitas.

Kelebihan buku ini yaitu kata kata yang mudah dipahami oleh pembaca dan cocok untuk para akademisi, mahasiswa, dosen,dan praktisi yang bergelut di pemerintahan, birokrat, dan pejabat publik.

No comments:

Post a comment