Belajar Kebijakan Publik - Soeara Moeria

Breaking

Thursday, 7 November 2019

Belajar Kebijakan Publik

Kebijakan publik. 
Judul : Kebijakan Publik dan pelayanan publik dengan berbagai aspeknya.
Pengarang : Hayat, S.A.P, M.Si.
Penerbit : Intrans Publishing
Cetakan : Juli, 2018
Tebal : XXIV + 134 hlm
Peresensi : Syaid Ahmad Syarifudin, mahasiswa Ilmu Administrasi Universitas Islam Malang

Saya menyambut positif dan apresiasi yang tinggi atas diterbitkannya buku berjudul “kebijakan public: evaluasi, reformasi dan formulasi” karya sdr. Hayat ini ditengah kesibukan sebagai dosen, pejabat kampus, peneliti dan aktifis social. Buku ini berisi tentang aneka konsep dasar tentang kebijakan public, evaluasi kebijakan public, penilaian kinerja dan konsep ideal masa depan yang diimpikan dari penulis dalam upaya reformasi birokrasi, pelayanan public dan good governance serta formulasi kebijakan public. Kehadiran buku ini sangat penting di tengah perang melawan perilaku korupsi di birokrasi pemerintahan terutama yang berkaitan dengan pelayanan public. 

Buku ini sangat berfungsi un tuk melengkapi teori dan praktek ideal melakukan upaya memimpikan birokrasi pelayanan public yang anti korupsi, akuntabel dan profesional dari aspek politik administrasi public. Sehingga aneka peraturan perundangan reformasi birokrasi yang ada akan dapat berdaya guna dengan pertama-tama mendalami seluk-beluk teori dan gagasan tentang administrasi public dalam buku ini. Karena menciptakan birokrasi yang bermoral tak cukup hanya berbekal semangat, akan tetapi juga diperlukan teori administrasi public dan peraturan dan perundang-undangan sebagai satu kesatuan yang utuh.

Kebijakan Publik dibuku ini, bagaimana dijelaskan tentang pengertian kebijakan publik dalam menyelenggarakan pemerintahan juga memberikan teori teorinya. Selain itu buku ini juga memberikan pemikiran atau pemahaman baru tentang kebijakan publik yang bisa membuat hal yang lebik baik dalam kebijakan publik.

Evaluasi Kebijakan Publik dibuku ini memberikan evalusia tentang suatu permasalaan tentang kebijakan publik. Evaluasi akan menghasilkan tuntutan yang bersifat evaluatif untuk mencapai suatu tujuan yang telah disepakati. Dengan buku ini sangat muda untuk mempelajari cara-cara evaluasi kebijakan publik yang baik dan benar secara teknis. Teori-teori dalam bab evaluasi lebikana publik dibuku ini sangat baik dan bisa dijadikan sebagai refrensi dalam mengevaluasi kebijakan publik untuk lebih baik.

Penilaian Kinerja menurut (Wirawan, 2009; Ayun, 2011) proses merencanakan, mengorganisasi, menyupervisi, mengontrol, dan menilai kinerja. Untuk mengatur kinerja organisasi publik yaitu Responsiveness, Responbility, dan Accountability.

Dalam bab Reformasi Birokrasi ini menjelaskan tata cara dalam merubah birokrasi ke arah yang lebi baik dengan cara yang benar dalam buku ini dijelaskan sangat ditail beserta teori yang dijadikan pedoman reformasi birokrasi.

Pelayanan  publik dan good governance juga membahas bagaimana menciptakan good governance yang mampu memberikan pelayanan yang maksimal bagi masyarakat. Selain itu berbagai macam kebijakan juga masih berlaku dalam menciptakan good governance.

Dalam bab terakhir membahas tentang formulasi Kebijakan Publik juga mempelajari tentang bagaimana konsep formulasi kebijakan dan juga prinsip-prinsip dan berbagai model formulasi kebijakan.

No comments:

Post a comment