Mbatik Bareng JOP, Kenalkan Batik dengan Pewarna Alami - Soeara Moeria

Breaking

Tuesday, 23 April 2019

Mbatik Bareng JOP, Kenalkan Batik dengan Pewarna Alami

Ibu-ibu proses membikin sket cap untuk membatik.
Jepara, soearamoeria.com – Pengelola Jepara Ourland Park (JOP) selama dua hari, Sabtu-Minggu (20-21/4/2019) kemarin mengajak ibu-ibu Warga Desa Mororejo Kecamatan Mlonggo Kabupaten Jepara untuk Mbatik Bareng JOP.

Dalam kegiatan yang diikuti oleh 35 peserta itu dipandu Rohmad (Dongaji Batik), Afif Qimo (Rumah Kartini) dan Zahir Widadi (peneliti warna alami dari Universitas Pekalongan).

Evi Abdul Haris, salah satu panitia mengatakan kegiatan dilaksanakan untuk mengenalkan proses pembuatan batik, dan mengenalkan pewarna alami yang ada di alam sekitar.

“Kami berharap melalui kegiatan ini ibu-ibu mampu mengembangkan dan menjadikan batik sebagai salah satu industri kreatif bagi masyarakat Desa Mororejo. Di samping itu, Ibu-ibu mampu mengenali dan memanfaatkan bahan-bahan alami di sekitar untuk mewarnai kain dan menjadikan pembatik dengan pewarna bahan alami,” harapnya.

Selama dua hari peserta langsung praktik. Di hari pertama membuat sket, dan di hari yang kedua praktik cap batik dan mewarnai dengan bahan alami. Adapun pewarna alaminya menggunakan mahoni, jolawe, tinggi, indigofera, dan ketapang. (sm)

No comments:

Post a comment