RBC, Pikat Anak-anak Belajar Bareng Gratis

Pengelola RBC bersama anak-anak warga. (Foto: Istimewa) 

Jepara, SoearaMoeria.Com 
Satu hal yang memikat anak-anak di sekitar Dukuh Sidang Desa Sinanggul Kecamatan Mlonggo Kabupaten Jepara untuk merapat ke Rumah Belajar Cemerlang (RBC) ialah Belajar Bareng yang dilaksanakan selepas Magrib. 

Kegiatan belajar bersama itu dilaksanakan selama sepekan kecuali malam Minggu. Rumah belajar yang sudah berjalan hampir dua tahunan itu tidak pernah memungut biaya sepeser pun alias gratis. 

Banyak masyarakat terutama ibu-ibu dari anak-anak yang merasa sangat terbantu dengan kehadiran RBC. Sebab setelah ikut belajar dan berkegiatan nilai dan prestasinya meningkat. 

Itulah sekelumit dari sepak terjang RBC yang dikelola Nurul Khotimatul K. Kegiatan yang dilangsungkan di rumahnya itu dirintis sejak 1 Maret 2017 lalu. Mulanya RBC ada karena pengalaman pribadi pengelola. 

“Di sekeliling rumah saya masih minim kepedulian terhadap pendidikan. Kebanyakan masih berpikir kalau sudah bisa baca ya sudah selesai, lalu kerja cari uang dan menikah. Begitu seterusnya. Pendidikan hanya milik mereka yang orang tuanya juga berpendidikan dan paham akan pentingnya pendidikan,” paparnya. 

Meski cara berpikir warganya sedikit terbelakang namun Nurul sapaan akrabnya adalah satu dari orang yang beruntung karena mendapatkan beasiswa kuliah di Universitas Trunojoyo Madura. 

Kegiatan belajar bareng tiap malam yang diminati anak-anak. 
“Lulus dengan predikat Cumlaude membuat saya semakin prihatin dengan keadaan sekeliling saya. Saya bertekad untuk memutus rantai dengan membuat Taman Baca Masyarakat (TBM) sebagai wadah pembelajaran bagi meraka, tidak usah bayar, gratis, yang penting mau belajar dengan riang gembira,” tandas perempuan kelahiran Jepara, 10 November 1993 ini. 

Selain program unggulan belajar bareng untuk anak-anak SD menghadapi pelajaran esok hari, rumah belajar tersebut juga diperuntukkan untuk anak SMP, SMA dan umum. Sehingga kegiatannya pun beragam.  

Program unggulan lain yang tak kalah menarik adalah melestarikan dolanan tradisional tujuannya menjauhkan anak-anak dari gadget yang membuat anak malas belajar. Adapun program-program pendukung di antaranya; English Fun with RBC, Jarimatika itu Asyik, Komputer, dll.  

Karena ruang belajar itu berbasis TBM maka disediakan ratusan buku.  “Sebagian dari milik pribadi. Sebab dari zaman kuliah memang saya suka membaca buku,” terang sarjana Hukum Bisnis ini. 

Sedangkan sebagian yang lain lanjut pengurus Rumah Literasi Jepara (RLJ) itu diperoleh dari para donatur yang ikut tergugah melihat gerakan peduli pendidikan tersebut. 

Anak-anak sedang khidmad membaca buku koleksi RBC.
Ditanya soal lika-liku, staf Panwascam Pakis Aji itu bingung menjawabnya. “Sebab semua yang dilakukannya memang aku mau dan seneng dengan apa yang aku lakukan jadi tidak tahu mau bilang apa. Paling kasihan itu kalau lihat mereka datang ke RBC pas saat hujan karena tempatnya di dalam dan akses jalanya masih tanah,” keluhnya.  

Karena itu dia berharap tidak hanya RBC atau dia saja yang melakukan gerakan peduli pendidikan anak, namun juga akan ada “Nurul-nurul” lain yang ikut tergugah untuk menyalurkan ilmunya sehingga bermanfaat bagi yang lain. 

Alamat lengkap RBC Sinanggul d.a Sinanggul Sidang RT.42 RW.08 Kecamatan Mlonggo Kabupaten Jepara. Narahubung 0811 2776 620. (sm)
RBC, Pikat Anak-anak Belajar Bareng Gratis RBC, Pikat Anak-anak Belajar Bareng Gratis Reviewed by Syaiful Mustaqim on 01:11:00 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.