Optimalkan Fungsi Pencegahan, Bawaslu Bangun Sinergi dengan Polres

Komisioner Bawaslu bersama Kapolres Jepara. (Foto: Dok. Bawaslu)

Jepara, SoearaMoeria.Com
Pemilu tahun 2019 merupakan pemilu serentak untuk memilih anggota DPR, DPD, DPRD Provinsi, DPRD Kabupaten/Kota, serta Presiden dan Wakil Presiden.

Karenanya Bawaslu terus berkomitmen untuk mengotimalkan fungsi pencegahan terhadap potensi pelanggaran tahapan pemilu sebagai fungsi awal sebelum fungsi penindakan. Hal itu dilakukan Bawaslu Jepara dengan berkoordinasi dan konsolidasi pihak-pihak terkait.

Salah satu pihak yang dapat membantu kelancaran fungsi pencegahan tersebut adalah Polres Jepara sehingga Bawaslu mengadakan komunikasi secara intensif dengan jajaran kepolisian.

Hal itu mengemuka ketika 5 komisioner Bawaslu Sujiantoko, Arifin, Abd. Kalim, M. Zarkoni dan Kunjariyanto bersilaturahmi ke Polres Jepara, Kamis (17/1/2019).

"Bawaslu Jepara akan mengoptimalkan fungsi pencegahan sehingga pelanggaran pemilu dapat diminimalisir," kata Suji.

Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) sebagai lembaga publik penyelenggara pemilu yang bergerak di pengawasan penyelanggaraan pemilu, sesuai Undang-undang No.7 tahun 2017 tentang Pemilihan Umum, bahwa  Bawaslu diberikan wewenang untuk melakukan pengawasan terhadap tahapan Pemilu 2019, pencegahan, penindakan pelanggaran, dan penyelesaian sengketa.

Suji melanjutkan dalam menghadapi pelanggaran pemilu, Bawaslu akan selalu melibatkan jajaran Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu)  dalam penanganan perkara pidana Pemilu tahun 2019.

Koordinasi Bawaslu dan Polres untuk mengoptimalkan pencegahan.
Kesempatan itu dimanfaatkan juga sebagai ajang taaruf (perkenalan) Kapolres Jepara yang baru, AKBP Arif Budiman, S.I.K, M.H yang menggantikan AKBP Yudianto Adi Nugroho.

Setelah memperkenalkan diri lembaga masing-masing Arif melanjutkan
agar ke depannya terjalin komunikasi dan sinergitas yang baik antar lembaga sehingga pengawasan lebih optimal.

"Fungsi pengawasan pemilu agar benar benar dijalankan sesuai ketentuan dan netralitas agar benar benar dijaga," ucapnya.  

Ia melanjutkan dalam pembahasan terkait dengan pelanggaran/ tindak pidana pemilu agar melibatkan unsur-unsur Gakkumdu sehingga tidak terjadi perbedaan pendapat dalam menyimpulkan suatu permasalahan terkait pidana Pemilu.

Polres Jepara juga siap membantu Bawaslu Jepara dalam bermedia sosial dengan mengupload konten-konten atau meme yang bersifat positif.

"Konten konten positif dapat mendidik bermanfaat bagi masyarakat pemilih di Jepara," pungkas Arif. (sm)
Optimalkan Fungsi Pencegahan, Bawaslu Bangun Sinergi dengan Polres Optimalkan Fungsi Pencegahan, Bawaslu Bangun Sinergi dengan Polres Reviewed by Syaiful Mustaqim on 05:08:00 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.