UMK Adakan Pelatihan Pembuatan Alat Peraga Matematika - Soeara Moeria

Breaking

Kamis, 06 Desember 2018

UMK Adakan Pelatihan Pembuatan Alat Peraga Matematika

UMK menggelar Pelatihan Pembuatan APE Matematika. (Foto: Isrimewa)
Kudus, SoearaMoeria.Com
Tim Pengabdian Masyarakat Universitas Muria Kudus (UMK) mengadakan Pelatihan Pembuatan Alat Peraga Edukatif (APE) Matematika yang diikuti 30 peserta bertempat di Laboratorium Unit Usaha Alat Peraga Edukatif Pendidikan Guru Sekolah Dasar, baru-baru ini.

Henry Suryo Bintoro, salah satu anggota tim menyatakan bahwa, “tujuan diadakan kegiatan ini  pertama untuk meningkatkan kompetensi guru dalam memahami konseo matematika secara benar. Selain itu juga untuk meningkatkan minat dan hasil belajar siswa sekolah dasar pada pelajaran matematika,” tuturnya.

Alat Peraga Edukatif Sekolah Dasar (APE SD) berperan dalam membantu siswa mengkonstruk sendiri konsep yang dipelajari sehingga menumbuhkan rasa senang dan minat belajar. Guru maupun sekolah dapat menjadikan APE SD sebagai sarana pembelajaran student centered learning (SCL) dengan mengedepankan Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan (PAIKEM).

Orang tua juga mampu menggunakannya sebagai sarana dalam mendampingi putra putri mereka ketika belajar di rumah.

Laboratorium Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP Universitas Muria Kudus merupakan laboratorium penyedia jasa layanan pendidikan dan inovasi pembelajaran dalam bidang alat peraga edukatif SD sebagai wujud konkrit kontribusi PGSD UMK dalam rangka peningkatan kualitas pendidikan di tingkat dasar untuk menyiapkan generasi penerus bangsa. Laboratorium ini berkembang menjadi unit usaha alat peraga edukatif SD.

Eka Zuliana, ketua tim pengabdian UMK berharap bahwa pelatihan alat peraga edukatif ini bermanfaat. “Saya berharap bahwa pelatihan alat peraga edukatif yang diadakan ini dapat memberikan kebermanfaatan bagi peserta pelatihan.” harapnya. (na)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar