Penerbit dan Toko Buku Wajib Dorong Budaya Baca


Demak, SoearaMoeria.Com
Pameran Buku Murah yang diselenggarakan Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan  Kabupaten Demak diadakan Rabu-Selasa (18-24/4/2018) diikuti oleh berbagai penerbit Indonesia yang berlokasi di alun-alun simpang enam Kabupaten Demak.

Turut hadir dalam acara pembukaan tersebut Bupati Demak HM Natsir, A.Ma, Dandim 0716/ Demak Letkol Inf Abi Kusnianto yang diwakili Danramil Demak Kota Kapten Kav Karmadi, Kapolres Demak, Sekda Demak dan tamu undangan.

Dalam sambutannya Bupati Demak menyampaikan selain pemerintah yang wajib mendorong masyarakat untuk meningkatkan budaya membaca buku, penerbit dan toko buku juga dituntut turut serta melakukan peran yang sama. Mereka perlu mengedukasi masyarakat dan mengambil perhatian masyarakat terhadap buku.

Jika dilihat produsen rokok, barang elektronik, consumer goods, dan industri perbankan gencar melakukan promo dan iklan, baik melalui above the line maupun bellow the line  guna mencuci otak masyarakat agar berminat terhadap produk mereka, maka sudah seharusnya penerbit dan toko buku melakukan usaha yang sama, bahkan lebih, untuk mengambil hati masyarakat agar tertarik pada buku. Terlepas dari pada itu upaya ini punya sisi yang mulia yaitu mencerdaskan anak bangsa.

“Hal itu bisa kita buktikan dalam kehidupan sehari-hari, jarang kita temui aktivitas orang membaca buku di ruang publik, saat menunggu, atau dalam perjalanan. Bahkan yang berseragam sekolah atau mahasiswa sekali pun jarang kedapatan membaca buku,” tandasnya.

Sedikitnya jumlah dan ragam buku berkualitas yang up to date, serta akses buku yang sulit dan mahal, kerap menjadi kendala yang ditemui di daerah. Tradisi bertutur lisan dalam menyebarkan dan menggali informasi, ditambah maraknya budaya komunikasi non-lisan melalui gadget (sms, googling, media sosial) semakin sirnalah kebiasaan membaca buku.

Hal serupa juga dituturkan Kapten Kav Karmadi, Danramil 0716-01/ Demak Kota. Menurutnya perlu adanya upaya untuk menumbuhkan budaya membaca buku di kalangan masyarakat.

Pameran buku ini diharapkan menjadi oase bagi minat baca yang selama ini mengering,” harapnya.

Beragam jenis buku berkualitas menjadi sumber penawar yang mengobati dahaga kebutuhan informasi warga. Kebutuhan informasi dan ilmu pengetahuan dalam mengatasi permasalahan kehidupan yang makin rumit, diharapkan dapat dipenuhi dari buku-buku tersebut. Sehingga masyarakat menjadi tertarik menggali ilmu dari buku. (Pendim0716/Demak)
Penerbit dan Toko Buku Wajib Dorong Budaya Baca Penerbit dan Toko Buku Wajib Dorong Budaya Baca Reviewed by Syaiful Mustaqim on 22:43:00 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.