Panen Padi, TNI dan Petani Gelar Makan Bersama - Soeara Moeria

Breaking

Sabtu, 03 Februari 2018

Panen Padi, TNI dan Petani Gelar Makan Bersama



Demak, SoearaMoeria.Com
TNI yang berasal dari rakyat akan selalu dekat dengan rakyat dan berada di tengah-tengah rakyat. Hal tersebut diterapkan para Babinsa yang ada di Kodim 0716/ Demak. Mereka dengan penuh keakraban membantu masyarakat petani yang sedang melaksanakan kegiatan panen padi.
 
Dalam rangka mendukung program pemerintah tentang swasembada pangan Babinsa Koramil 03/ Wonosalam, Sertu Sobirin turun ke sawah membantu petani memanen padi di Desa Mojo Kecamatan Wonosalam Kabupaten Demak, Rabu (31/1/2018).

Pendampingan kepada petani dilakukan dengan sangat humanis penuh kekraban dan dengan suasana kekeluargaan sehingga para petani merasa tidak canggung menerima kehadiran Babinsa di tengah-tengah mereka.

Membangun kedekatan dan kepercayaan kepada seluruh elemen masyarakat termasuk petani menjadi langkah penting bagi Babinsa di wilayah binaan. Menghadapi para petani, Babinsa dituntut bisa lugas dan luwes mengingat budaya warga Demak yang sebelum panen akan mengadakan wiwitan, ritual itu dilakukan sebagai wujud terima kasih dan rasa syukur kepada bumi sebagai sedulur sikep dan Dewi Sri (Dewi Padi) yang mereka percaya menumbuhkan padi sebelum panen.

sehingga upaya mendukung dan mensukseskan program pemerintah bisa berhasil.

Hal serupa yang selama ini sudah dilakukan oleh seluruh anggota Koramil 03/ Wonosalam termasuk Sertu Sobirin saat melakukan tugas pendampingan.

“Mereka para petani saya anggap seperti saudara sendiri. Kami turun ke sawah bersama, menyiapkan lahan, menanam, merawat dan memanen bersama bahkan Kami juga makan di sawah bersama mereka,” tutur Sobirin.

Di tempat terpisah Danramil 03/ Wonosalam, Kapten Czi Alimuddin mengatakan kegiatan pendampingan yang dilakukan oleh Babinsa mulai dari kegiatan penyuluhan, bercocok tanam sampai panen merupakan bentuk pendekatan emosional terhadap petani dan masyarakat binaannya.

Hal ini untuk memperlancar kerjasama dengan para petani yang bertujuan meningkatkan program swasembada pangan yang ditargetkan Pemerintah.
“Koramil Wonosalam akan selalu siap mendampingi para petani dan selalu berkoordinasi dengan pihak terkait demi suksesnya program ketahanan pangan nasional di Kabupaten Demak,” katanya.

Sementara itu Suparman (52) menyampaikan kegembiraannya saat dibantu oleh Babinsa memanen padinya. “Maturnuwun Pak Babinsa telah membantu saya memanen padi. Tadinya saya pikir tentara hanya bisa pegang bedil ternyata pandai juga bertani dan luwes bawa sabit,aku dia sambil tersenyum. (Pendim 0716/ Demak)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar