Antisipasi Bencana Alam Siswa Dilatih Tanggap Bencana

Jepara, SoearaMoeria.Com
Memasuki musim penghujan yang mulai turun dengan intensitas tinggi sebaiknya masyarakat waspada dan tanggap terhadap bencana. Itu yang diungkapkan Dedi Irawan, anggota Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jepara dalam acara Diklat Pasus Caraka Yuda SMK Fadlun Nafis Bangsri Jepara di Pantai Bondo Jepara, Ahad (19/11/2017) kemarin.

Dedi mengatakan siswa merupakan generasi muda yang dituntut tanggap bencana. Karena tanggap bencana  tidak hanya tugas  bagi orang tua, melainkan juga tugas peserta didik.

"Kami sangat mendukung pelatihan ini. Tapi, semoga ini hanya pelatihan dan tidak mengharapkan terjadinya bencana,” ujarnya.

Pelatihan tersebut meliputi pemberian materi tentang bagaimana menolong korban dan memfungsikan peralatan-peralatan penyelamatan.  

"Kegiatan ini merupakan salah satu program di Passus Caraka Yudha. Sebelum kegiatan anak anak di cek kesehatan juga,” kata Pembina Pasus Caraka Yudha, Muhammad Mizan Sya'roni.

Pihaknya bersyukur cuaca cukup mendukung sehingga pelaksanaan penyelamatan di Pantai Bondo Bangsri bisa berjalan lancar.

Kegiatan tersebut harapnya bisa menambah ilmu dan pengalaman anggota. “Dan nantinya bisa bermanfaat bagi pribadi dan masyarakat sekitar,” imbuh Mizan.


Salah satu peserta Saifudin Zuhri menjelaskan pelatihan ini adalah hal baru. “Banyak pelajaran dan pengalaman yang kami dapat dalam kegiatan ini. Lelah tentu kami rasakan, tapi dengan komitmen menjadi anggota kami berupaya tetap bisa menyeimbangkan kegiatan ini dengan kegiatan akademik,” jelasnya. (red)
Antisipasi Bencana Alam Siswa Dilatih Tanggap Bencana Antisipasi Bencana Alam Siswa Dilatih Tanggap Bencana Reviewed by Syaiful Mustaqim on 00:21:00 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.