Lewat Perang Obor, Tegalsambi Jepara Ditetapkan Jadi Desa Wisata


Foto : Kakha Xpo

Jepara, SoearaMoeria.Com
Bupati Jepara, Ahmad Marzuqi menetapkan desa Tegalsambi kecamatan Tahunan kabupaten Jepara sebagai desa wisata. Keputusan itu disampaikannya saat membuka kegiatan Tegalsambi Culture Festival yang dipusatkan di perempatan desa setempat, Senin (04/09/2017) malam.

Keputusan itu merupakan jawaban atas permintaan Petinggi desa Tegalsambi, Agus Santoso saat menyampaikan sambutannya. “Untuk SK-nya menyusul,” kata Bupati, didampingi Forkompinda dan Pemerintah Desa yang hadir memeriahkan kegiatan tahunan, Perang Obor ini.

Dikatakannya, selain desa Tegalsambi juga ada 7 desa wisata lain di Jepara. Ke tujuh desa wisata tersebut sebutnya baik yang terdiri dari wisata sejarah, budaya, alam serta wisata buatan.

Sebelum perang obor dimulai, Marzuqi menjelaskan bahwa kegiatan tahunan itu wujud syukur warga atas potensi yang ada di desa tersebut.

“Ini merupakan pesta sedekah bumi sebagai wujud syukur kepada Allah swt karena diberikan desa yang kondusif dan sejahtera. Semoga desa Tegalsambi diberikan tambah maju di waktu-waktu yang akan datang,” doa Marzuqi yang diamini ribuan penonton yang hadir.

Foto : Kakha Xpo
Petinggi desa Tegalsambi, Agus Santoso menyampaikan perang obor merupakan puncak acara Tegalsambi Festival. “Prosesinya sudah dilakukan selapan sebelum kegiatan ini dilakukan dengan menggelar barikan, tahlil doa bersama kiai,” jelasnya.

Ia menambahkan kegiatan itu bertujuan untuk melestarikan tradisi asli Tegalsambi. Jika di tempat lain ada yang menggelar kegiatan serupa dengan berbagai inovasi yang asli hanya ada di Tegalsambi. "Ini adalah salah satu destinasi budaya dan pariwisata di Jepara,” tambah dia.

Di akhir sambutan, Agus menyampaikan prosesi perang-perangan menggunakan pelapah daun pisang dan kelapa yang dikeringkan lalu dinyalakan dengan api itu menunjukkan pemuda desa Tegalsambi ialah pemuda yang berani, bernyali dan sportif. Sebab saat berperang dengan lawan tidak untuk saling mencederai. (sm)
Lewat Perang Obor, Tegalsambi Jepara Ditetapkan Jadi Desa Wisata Lewat Perang Obor, Tegalsambi Jepara Ditetapkan Jadi Desa Wisata Reviewed by Syaiful Mustaqim on 01:04:00 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.