Bughyah al-Adzkiya Jejak Intelektual Syekh Muhammad Mahfudz Tremas - Soeara Moeria

Breaking

Jumat, 06 Januari 2017

Bughyah al-Adzkiya Jejak Intelektual Syekh Muhammad Mahfudz Tremas

Syekh Mahfudz adalah satu dari sekian ulama Nusantara yang mendunia. Ia menjadi rujukan para cendekiawan Muslim abad ke-19. Sejumlah kitab yang ditulisnya turut menjadi referensi penting dalam kajian keilmuan Islam, terutama hadits, fiqih, dan ilmu qiraat. Seluruh kitabnya ditulis dalam bahasa Arab dan masih terus dipakai hingga kini.

Syekh Mahfudz adalah seorang penulis yang sangat produktif. Keluarga besar beliau yang kini mengasuh Pondok Busytanu Usysyaqil Qur'an (BUQ) Demak & Pondok Tremas menganggap bahwa ia ibarat sungai, dan tulisannya ibarat aliran sungai itu sendiri yang tak pernah berhenti mengalir.

Syekh Mahfudz sering menghabiskan waktunya di sebuah gua di gunung Hira, di lembah Mekkah, untuk mencari inspirasi; untuk menulis; dan untuk mengasingkan diri sebagaimana yang dilakukan oleh Nabi ketika mendapatkan wahyu.

Saking produktifnya, ia mampu menyelesaikan sebuah karya dalam bidang hadits, Manhaj Zhawian-Nazharsebuah syarah yang cukup rinci atas Manzhumat lim al-Atsar karya Abdurahman as-Suyud (w. 911 H.) dalam waktu 4 bulan 14 hari. Kitab dengan tebal 302 halaman ini sebagian besarnya dikerjakan di Mekkah pada tahun 1392 H./1911 M. Sebagiannya ia tulis ketika berada di Mina dan Arafat.

Karena karya-karya Syekh Mahfudz yang banyak dan penting ini, Syekh Yasin al-Fadani (1335-1410 H./1917-1990 M.)seorang alim yang berpengaruh pada saat itu, tinggal di Mekkah, dan mengajar di Dar al-Ulum ad-Diniyyah dan Masjidil Harammenganggapnya sebagai alallamah, al-muhaddits, al-musnid, al-faqih, al-ushuli, dan al-muqri.

Menurut Martin van Bruinessen, karya Syekh Mahfudz At-Tarmasi termasuk kontribusi yang amat berharga dari ulama Indonesia untuk kepustakaan Islam di dunia. Secara lebih lengkap, karya Syekh Mahfudz at-Tarmasi dapat diuraikan sebagai berikut:

1. As-Siqayah Al-Mardhiyyah fi Asami Kutub al-Ashhab asy-Syafiiyyah.
2. Mauhibbah Dzi al-Fadl Hasyiyah Syarh Mukhtashar Bafadl.
3. Al-Minhatul Khairiyyah fi Arbain Haditsan min Ahadits Khair al-Bariyyah.
4. Al-Khaliah al-Fikriyyah bi Syarhi al-Minhah al-Khairiyyah.
5. Kifayah al-Mustafid fima Ala min al-Asanid.
6. Al-Fawidh at-Tamasiyyah fi Asanid al-Qiraat al-Asyariyyah.
7. Al-Badr al-Munir fi Qiraat al-lmam ibn Katsir.
8. Tanwir ash-Shadr fi Qiraat al-lmam Abi Amr.
9. Insyirah al-Fuad fi Qiraat al-lmam Hamzah.
10. Tamim al-Manafi fi Qiraat Imam al-Nafi.
11. lsaj al-Mathali bi Syarh Badr al-Lami Nadhmi al-Jamu al-Jawmi.
12. Unyatu at-Thalabah bi Syarhi Nadhmi ath-Thayyibah fi Qira at al-Asy ariyyah.
13. Hasyiyah Takmilah al-Minhaj al-Qawim ila al-Araidh.
14. Minhaj adz-Dzawi an-Nadhar bi Syarhi Man-dzumat al-Atsar.
15. Nail ai-Mamul bi Hasyiyah Ghayah al-Wushl fi ilmi al-Ushl.
16. Inayah al-Muftaqir fima Yataallaq bi Sayyidina al-Khidhir.
17. Bughyah al-Adzkiya fi al-Bahtsi an Karamat al-Auliya.
18. Athu al-Khabir bi Syarhi Miftah al-Sair.
19. Tahyiah al-Fikr Alfiyyah as-Sir.
20. Tsulatsiyyat al-Bukhari.

Sebagian besar karya itu telah dicetak dan tersebar luas ke seantero dunia Islam. Dan, sebagian karya itu dapat dengan mudah ditemukan di toko kitab Mushtafa Bab Al-Halabi yang terletak di belakang Masjid Al-Azhar, Kairo, Mesir.

Alhamdulillah kini di Indonesia Hadir buku berjudul "Nabi Khidir & Keramat Para Wali" ini adalah hasil terjemahan ke dalam Bahasa Indonesia atas dua kitab yang berjudul "Bughyah al-Adzkiya fi al-Bahtsi an Karamat al-Auliya dan Inayah al-Muftaqir fima Yataallaq bi Sayyidina al-Khidhir."

Upaya Sahifa Penerbit menerjemahkan karya-karya Syekh Muhammad Mahfudz At-Tarmasi disambut hangat dan gembira oleh keluarga besar. Terutama dari cicit penulis sendiri, yakni KH. Muhammad Mahfudz bin Harir bin Muhammad bin Muhammad Mahfudz At-Tarmasi, yang kini mengasuh Pondok Tahfidz Al-Qur'an Busytanu Usysyaqil Qur'an (BUQ) Betengan Demak.


Mari kita turut menyemarakkan dan melestarikan hadirnya kembali karya-karya ulama Nusantara ke tanah Nusantara dengan membeli buku ini

Judul Buku : Nabi Khidir dan Keramat Para Wali
Penulis : Syekh Muhammad Mahfudz At-Tarmasi
Tebal : 365 halaman
Tahun : 2016
ISBN : 978-602-6264-30-5
Kata Pengantar : KH. Maimun Zubair, KH. Harir Muhammad

Info pemesanan buku kirim sms/ wa ke : 085 640 033 625


 ===== DAFTAR PEMBELI BUKU =====

1. ACM21499 | Wahana | Ahmad Muzaiyin Jl. Bok Abang Wonosari Desa Wonorejo RT.01 RW.01 Kec. Kota Kab. Jepara 59431 (Depan Musholla Al Amin). 

2. ACM21571 | Wahana | Hasan Khaeroni SMK Az Zahra Mlonggo Jl. Raya Jepara - Bangsri km. 12 Sekuro Mlonggo Jepara 59452. 

3. ACP01540 | Wahana | Muhammad Rendi MA Mathalibul Huda Mlonggo Jl. Jepara - Bangsri km.09 Mlonggo Jepara 59452. 

4. ACX61326 | Wahana | Suhendri Jl. Al Furqon Gang Wakaf No.78 (Sebelah TK Daarul Fikri) RT. 03/03 Poris Plawad Utara Cipondoh Tangerang 15141.  

5. ______

Tidak ada komentar:

Posting Komentar