Spirit Agraria, Petani Rekasa Jadi Petani Mulia


Foto: Google
Pati, soearamoeria.com
Program studi Pengembangan Masyarakat Islam (PMI) Fakultas Dakwah Institut Pesantren Mathali’ul Falah (IPMAFA) Pati, mengadakan acara sarasehan dengan tema “Mengembalikan Spirit Agraria; Mewujudkan Pembangunan Yang Sesuai Kultur Nusantara”, Rabu (22/06/16).

Kegiatan rutin dilaksanakan saben tahun. Tahun ini dikemas sarasehan, sebelumnya dengan santunan anak yatim. Kegiatan yang juga didukung Bem-Pro PMI menghadirkan Edy Sutresno yang Ketua Sarekat Petani Indonesia Jawa Tengah.

Ahmad Zainuri salah satu peserta kegiatan menjelaskan kegiatan bertujuan untuk mengubah mindset masyarakat pribumi secara luas yang masih memiliki pandangan bahwa pekerjaan pada sektor agraria (pertanian) itu susah, hanya menjadi kelas bawah masyarakat.  

Padahal pertanian menjadi garapan ekonomi yang potensial untuk dikembangkan di mana pekerja pada sektor itu adalah pekerjaan yang mulia.

Secara lebih spesifik lagi, adalah terjadi tranformasi paradigma dalam mindset masyarakat pribumi nusantara dari “petani rekasa menjadi petani mulia”.

Selanjutnya masih menurutnya kegiatan juga dimaksudkan terkait pentingnya bagaimana sektor pertanian itu dapat dikembangkan. Dengan menemukan jawaban kedua itu, nantinya dapat dijadikan langkah awal menuju pembangunan yang sesuai dengan kultur masyarakat Indonesia.

“Kegiatan juga untuk membangun jaringan lebih luas lagi, terutama oleh mereka yang menjadi praktisi di bidang ini,” katanya.

Dengan terbangunnya jarangan di bidang agraria pihaknya berharap akan terjadi upaya kolektif yang sinergis, dimana mahasiswa mewakili kalangan akademisi dan oleh mereka para pekerja pengembang praktisi di lapangan pada sektor agraria. (zai/qim)
Spirit Agraria, Petani Rekasa Jadi Petani Mulia Spirit Agraria, Petani Rekasa Jadi Petani Mulia Reviewed by Syaiful Mustaqim on 19:20:00 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.