Nabi Muhammad SAW Ajarkan Adab Ziarah Kubur - Soeara Moeria

Breaking

Selasa, 24 November 2015

Nabi Muhammad SAW Ajarkan Adab Ziarah Kubur

Foto: Google
Jepara, soearamoeria.com
Nabi Muhammad SAW mengajarkan kepada umatnya tata cara ziarah kubur. Ketika di depan siib, lokasi dekat makam uhud Nabi mengucapkan salam Assalamualaikum bima shabartum fanikma uqbaddar. Uraian itu dituturkan KH Sya’roni Ahmadi saat menyampaikan mauidloh dalam Haul ke-2 KH Muchlisul Hadi di maqbarah Sekar Petak Margoyoso Kalinyamatan Jepara, Sabtu (21/11) sore.

Lafal Assalamualaikum menurut Mustasyar PBNU itu menunjukkan bahwa arwah yang berada di alam kubur itu mendengarkan apa yang disampaikan zairin, penziarah. Sehingga sebagaimana tuntunan Islam, terang Kiai Sya’roni kepada yang telah mendahului agar senantiasa didoakan dengan bacaan qur’an serta dzikir.

Alhasil orang yang sudah meninggal lanjutnya sangat mengharapkan kiriman doa dari orang yang masih hidup. “Sehingga orang-orang menyebut tradisi ini dengan kintun donga (kirim doa, red),” tambah kiai asal Kudus ini.

Pernyataan yang diuraikan kiai kharismatik asal Kudus itu sejalan dengan hadits amal yang bisa dilakukan orang yang masih hidup kepada yang sudah meninggal yakni mendoakan dan memintakan ampunan.

Mendoakan orang yang sudah meninggal terhitung sebagai pahala. Dalam hal itu dua imam besar beda pendapat. Jika Imam Hanbali yang memperoleh ganjaran si mayit tetapi yang mendoakan akan mendapatkan pahala sebagaimana yang diperoleh mayit.

“Menurut Imam Syafii yang memperoleh ganjaran yang mendoakan tetapi yang didoakan juga memperoleh pahala sebagaimana yang mendoakan,” urai Kiai Sya’roni.

Dalam kesempatan tahlil umum itu Kiai Sya’roni kepada hadirin juga menerangkan perihal hal Haul. Haul masih menurutnya merupakan bagian dari sunnah rasul. Sunnah rasul ungkapnya mencakup tiga aspek aqwalunnabi (ucapan nabi), af’alun nabi (perbuatan nabi) dan taqriratun nabi (ketetapan nabi).

Konteks ini, haul merupakan af’alun nabi (perbuatan nabi). Sebab rutinitas tahunan itu dikerjakan oleh Nabi sendiri. Nabi seru kiai menyempatkan diri untuk menziarahi para sahabat yang turut serta dalam perang Uhud berjumlah 70 termasuk kepada sahabat Hamzah.

Meski untuk menuju ke makam ditempuh Nabi sekira 6 km dengan onta namun beliau setiap tahun selalu menyempatkan waktu untuk berziarah.

“Dengan ziarah, haul berarti kita telah ikut Rasul. Apa yang kita lakukan ini tidak tanpa dalil tetapi ada dasar dan tata caranya juga,” tegasnya.

KH Muchlisul Hadi ialah pendiri pesantren Roudlotul Huda Margoyoso Kalinyamatan Jepara. Semasa hidupnya kiai yang murah senyum itu dipercaya menjadi Rais Syuriah MWCNU Kalinyamatan. (qim)
  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar