Khasiat dan Manfaat Bawang Dayak Menurut Para Ahli - Soeara Moeria

Breaking

Selasa, 01 Desember 2015

Khasiat dan Manfaat Bawang Dayak Menurut Para Ahli

Khasiat dan Manfaat Bawang Dayak-K. Heyne dalam “Tumbuhan Berguna Indonesia” menyebutkan umbi bawang berlian berguna untuk melancarkan buang air kecil, menahan muntah, dan pencahar. Sementara daunnya bermanfaat membersihkan darah pada perempuan setelah melahirkan. (Baca juga: 43 Khasiat Bawang Dayak untukKesehatan)

Ronny Yuniar Galingging, peneliti dari Balai Pengkajian Teknologi Pertanian, Kalimantan Tengah bawang hantu sebutan bawang dayak di Kalimantan Tengah memiliki hampir semua kandungan fitokimia seperti alkaloid, glikosida, flavonoid, fenolik, steroid, dan tanin. Hanya  saponin yang tidak terkandung di dalam umbi. Umbi bawang dayak juga mengandung senyawa naphtoquinones dan turunannya seperti elacanacine, eleutherine, eleutherol, dan eleuthernone.

Dr. Sukrasno menuturkan, eleutherine merupakan senyawa antioksidan yang bersifat antibakteri, antikanker, dan penangkal radikal bebas. Kandungan naphtoquinones dalam bawang dayak dikenal sebagai antimikroba, antifungal, antivirial, dan antiparasitik. Selain itu, naphtoquinones memiliki bioaktivitas sebagai antikanker dan antioksidan.

Amik Krismawati dan M. Sabran dari Balai Pengkajian Teknologi Pertanian, Kalimantan Tengah, menuturkan bawang dayak dapat digunakan untuk mengobati sakit kepala, demam, sakit perut, sakit gigi, flu, malaria, penyakit gula, bahkan kanker. Bawang berlian tersebar di Kabupaten Kotawaringin Timur, Kotawaringin Barat, Barito Selatan, Barito Utara, dan Kapuas.

Herbalis di Palangkaraya, Kalimantan Tengah, Ranti yang sohor dengan panggilan Mama Agus memanfaatkan bawang dayak untuk obat secara turun-temurun. Ia meresepkan umbi bawang dayak untuk membantu mengobati hipertensi, jantung, dan beragam kanker seperti kanker kolon dan payudara. Mama Agus menyarankan agar pasien mengonsumsinya dengan menyeduh 5 siung bawang dayak dengan segelas air panas. “Minum sedikit-sedikit selama satu hari,” katanya.

Mama Agus menambahkan, bawang dayak juga andal menyembuhkan luka dan menghalau bisul atau penyakit kulit. Cukup parut bawang dayak lalu tempelkan pada anggota tubuh yang terluka. “Bukan hanya umbi yang berkhasiat obat. Daun bawang dayak dapat digunakan untuk mengobati katarak,” kata Mama Agus. Caranya rebus 5 lembar daun bersama satu gelas air. Minum air rebusan itu setiap hari.

Khasiat bawang berlian tak hanya terkenal di Kalimantan. Valentina Indrajati, misalnya. Herbalis di Bogor, Jawa Barat, itu sudah meresepkan bawang berlian sejak lima tahun silam. Alumnus Universitas Parahyangan itu meresepkan bawang berlian untuk mengatasi kanker kulit, tekanan darah tinggi, kolesterol, diabetes, dan kanker usus. (Sumber: Trubus)

Kapsul Bawang Dayak
Kapsul herbal Lianwai merupakan ekstrak organik Eleutherine Americana Merr (Bawang Dayak) mampu mengatasi kanker, peradangan dan menurunkan kekentalan darah. (Selengkapnya : Kapsul Herbal Lianwai Untuk Terapi Penyakit Kanker)

Medicine ini beredar di bawah pengawasan Herbalis berpengalaman yang tergabung dalam Asosiasi Herbalis Kalimasada (Ahisda) Jawa Tengah, Indonesia.

Cara minumnya. Untuk pengobatan : Diminum 3 x sehari 3 kapsul sampai sembuh. Sedangkan untuk pencegahan : Diminum 2 x sehari 2 kapsul.

Jika ingin mendapatkannya order ke 085-640-033-625 (SMS/ WA)
format; Lianwai#Nama Lengkap#Alamat Lengkap#Keterangan Lain bila ada. Hanya Rp. 85.000,-/ Botol isi 65 kapsul (belum termasuk ongkir)

Kami kirim barang dari Jl. Kauman II Margoyoso RT.02 RW.03, Kalinyamatan, Jepara, Jawa Tengah 59467.

Jika Anda cocok dengan harga kami, silakan order sesuai format SMS. Kami tidak melayani tanya atau telepon sebelum Anda order sesuai format.

Bisa kami kirim menggunakan Pos, JNE, Tiki, atau Pahala Express. Kami infokan resi pengiriman via SMS setelah transfer diterima. (qim)


1 komentar:

  1. Jual Bawang Dayak I WA: 085727812151 atau Informasi lebih lengkapnya. Silahkan klik di Bawang Dayak

    BalasHapus