HIV/ AIDS Ancaman Nyata Generasi Remaja


Ilustrasi: Google
Jepara, soearamoeria.com 
Remaja menjadi sorotan penting dalam kehidupan. Karena kehadirannya merupakan aset utama dalam pembangunan sumber daya manusia. Bahkan karena sangat pentingnya, pemerintah pun mengaturnya dalam UU No. 23 tahun 2002 tentang Perlindungan Anak. Menjamin dan melindungi anak dan haknya agar dapat hidup, tumbuh, berkembang dan berpartisipasi secara optimal sesuai harkat, martabat kemanusiaan serta perlindungan dari kekerasan dan  diskriminasi.

Perilaku remaja kita saat ini, mayoritas dibentuk oleh lingkungan pergaulan. Mereka lebih mudah menerima nasihat dan pengaruh dari teman sebaya dan lingkungan pergaulannya dibandingkan nasihat dan pengaruh dari orang tua dan guru.

Sifat remaja yang notabene ingin bebas, suka berkelompok, suka mencoba-coba, suka tantangan dan mudah terpengaruh inilah jika tidak diarahkan dan diperhatikan maka maka mereka akan mudah labil dan terjurumus kedalam  lembah kesesatan.

Kota Jepara yang terdiri dari 16 Kecamatan yakni kecamatan Jepara, Bangsri, Batealit, Donorojo, Kalinyamatan, Karimunjawa, Kedung, Keling, Kembang, Mayong, Mlonggo, Nalumsari, Pakis Aji, Pecangaan, Tahunan, Welahan ini mendapat peringkat ke-5 se Jawa Tengah dalam kasus kriminalitas. Bahkan dalam kasus kriminalitas ini pelecehan seksual, pencabulan, merokok dan pernikahan dini tertinggi berada dia kecamatan Batealit. 

Karena melihat keprihatian ini Dinas Kesehatan Kabupaten Jepara bekerjasama dengan Pelayanan Kesehatan Peduli Remaja (PKPR) Puskesmas Batealit untuk mengadakan kegiatan yang bertema “Orientasi Kesehatan Reproduksi Remaja” yang dilaksanakan pada tanggal 19-20 Oktober 2015. Tentunya dalam hal ini yang menjadi pusat sasaran dalam kegiatan ini adalah remaja di Kecamatan Batealit. 

Jumlah penduduk kecamatan Batealit adalah 8.1096 dengan jumlah laki-laki  4.0667 dan perempuan 4.0429. Dengan jumlah remaja 675 dengan laki-laki 284 dan 391 perempuan.

Dan yang menjadi sasaran kegiatan ini adalah sekolah SMA/MA/SMK yang berada di Kecamatan Batealit yakni MA NU Batealit, SMKN 1 Batealit, MAN Bawu, SMA Nurul Muslim, MA Miftahul Huda Raguklampitan dan SMA Islam Sunan Kalijaga Raguklampitan. 

Kegiatan Orientasi Kesehatan Reproduksi Remaja yang pertama ini dibuka  dengan materi Pelayanan Kesehatan Peduli remaja (PKPR) terkait dengan masalah remaja, seksualitas dan kesehatan reproduksi yang disampaikan oleh Dr.Fauziyah Lubis Pelayanan Kesehatan Peduli remaja (PKPR)  Puskesmas Batealit. Dan NAPZA (Narkotika, alkohol, psikotropika dan Zat adiktif lainnya) disampaikan oleh Wahyu. 

HIV/ AIDS
HIV/AIDS menjadi PR bagi  kita semua karena keberadaanya menjadi ancaman yang nyata bagi generasi remaja mendatang. Betapa tidak? Hingga sekarang ini belum ditemukan  obat yang paling efektif untuk menyembuhkannya dan juga belum ada vaksinnya. Orang yang terinfeksi virus ini pun akan menjadi pembawa sekaligus penular virus AIDS selama hidupnya. Dan bahkan hampir semua meninggal dalam 5 tahun setelah menunjukkan gejala pertama AIDS.

Anna Hasta Wardani, psikolog RS. Kartini dalam materi psikologi remaja menuturkan “Seharusnya remaja itu harus sehat. Sehat Jasmani (Reproduksi), sehat Rohani (Jiwa) dan Sehat sosialnya. Karena Kesehatan remaja menjadi modal dasar pembangunan bangsa.” 

“Dengan diadakannya pengenalan terkait mate
ri-materi seperti ini diharapkan mampu meminimkan angka kriminalitas yang ada diwilayah kecamatan Batealit, khususnya” Arri Miosa menambahkan.

Harapan yang ingin dicapai dari dinas kesehatan Kab.Jepara dan Pelayanan Kesehatan Peduli Remaja (PKPR) Puskesmas Batealit setelah acara ini adalah  remaja yang menjadi delegasi masing-masing sekolah mampu menjadi remaja yang pioner, tauladan dan idola sebayanya yang mampu mempengaruhi teman-temannya agar tidak terjerumus kedalam 3 hal yakni seks bebas, HIV/AIDS dan NAPZA sehingga tercipta remaja Jawa Tengah yang smart, kreative dan luar biasa. (Ulfatun)

--------------------------------
Kirimkan tulisan anda berupa reportase, artikel/ opini, resensi, cerpen dan puisi ke : soearamoeria@yahoo.co.id. Sertakan ilustrasi/ foto yang sesuai dengan isi tulisan.  


HIV/ AIDS Ancaman Nyata Generasi Remaja HIV/ AIDS Ancaman Nyata Generasi Remaja Reviewed by Syaiful Mustaqim on 03:39:00 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.