Mencintai Lingkungan Lewat Gerakan Pramuka


Jepara, soearamoeria.com
Fenomena alam yang semakin memprihatinkan diperlukan dorongan untuk menjadikan alam tetap hijau. Beragam cara yang dapat dilakukan sekolah kepada peserta didik untuk mengenalkan dan mencintai lingkungan.

Salah satunya dengan gerakan pramuka, ini menjadi cara sebagai wadah bagi generasi muda dalam berorganisasi. Begitu juga yang dilakukan dalam pelantikan Bantara Ambalan Ki Gede Bangsri - RA Kartini SMK Fadlun Nafis Bangsri yang berlangsung di Sungai Watu Lumpang (30/04/15).

Pembina Pramuka Putri, Zuyyina Anastasia mengatakan lingkungan dan seisinya merupakan suatu sistem dalam kehidupan yang saling membutuhkan dan saling ketergantungan satu dengan lainnya.  Oleh karena itu, kepada pramuka kepedulian akan alam dan lingkungan secara mutlak untuk diberikan sedini mungkin, sebagai upaya pengamalan Prinsip Dasar Kepramukaan dan Kode Kehormatan Pramuka.

Keseimbangan menata alam semesta dengan ekosistem pembangunan modern yang bermanfaat, hanya dapat dimulai dengan menanamkan rasa cinta dan bakti pada anak anak dan pemuda-pemuda Indonesia terhadap alam, bumi pertiwi, tanah air dan bangsa.

“Melihat fenomena lingkungan kita yang semakin memperhatinkan, karena pembalakan dan penebangan pohon secara liar. Dampak jelas yang sudah mulai kita rasakan sekarang ini cuaca yang tidak menentu. Ini merupakan faktor masyarakat cuek dalam mencintai alam,” jelas Mizan Sya’roni juga sebagai pembina Pramuka Putra.

Dengan cara ini dapat memberikan dorongan positif kepada peserta didik, bagaimana menjaga lingkungan dari sampah. Kegiatan ini juga dilakukan kegiatan bakti sosial di lingkungan pekarangan musholla yang dilewati peserta pelantikan.

Dia menegaskan, mengenali dan mencintai alam dan lingkungannya bertujuan  mengembangkan kesadaran pramuka untuk menghargai, memelihara, menjaga dan memanfaatkan dengan sebaik-baiknya alam beserta lingkungannya.

Kepala SMK Fadlun Nafis, Akhmad Efendi mengemukakan pendidikan yang berbasis di luar sekolah yang memiliki tugas dan tanggung jawab dalam membina generasi muda. Bagaimana generasi masa depan bangsa itu memiliki rasa nasionalisme yang tinggi, cinta tanah air sekaligus berjuang untuk mewujudkan kesejahteraan bangsa.

“Pramuka diwajibkan karena ekskul itu sejalan dengan program pendidikan karakter yang kini sedang digalakkan. Mengingat pentingnya, karena di dalamnya anggota pramuka mendapat pengetahuan dan keterampilan,” ujarnya dalam acara pelantikan Bantara yang bekerja sama dengan SMK Kholiliyah Bangsri.

Dalam pramuka, siswa bisa mengembangkan diri, belajar bersosialisasi, hingga mencintai alam. Tujuan pelatihan ini sebagai upaya untuk mengeluarkan daya kemampuan anak supaya mampu mendidik dirinya sendiri menuju hal-hal yang positif.

Dalam sambutannya, Kepala UPT Dinas Dikpora Kecamatan Bangsri, Nur Baidi menyampaikan dalam kegiatan pramuka harus mampu mengeluarkan ide-ide cemerlang dan inovatif. Karena dalam berpramuka banyak rintangan yang harus dilewati dalam pos-pos yang disediakan pembina. Jadi diperlukan kekompakan kelompoknya masing-masing untuk dapat melanjutkan perjalanan ke pos berikutnya.

“Kami menyadari kegiatan pramuka memiliki segudang manfaat, jadi tidak ada salahnya mewajibkan siswa mengikuti kegiatan yang penuh manfaat dan pentingnya untuk pemimpin generasi muda mendatang seperti pramuka ini,” kata Baidi. (Ahmad Miftahul Ulum/qim)
Mencintai Lingkungan Lewat Gerakan Pramuka Mencintai Lingkungan Lewat Gerakan Pramuka Reviewed by Syaiful Mustaqim on 06:44:00 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.