Iklan Layanan Masyarakat Syarat Lulus SMK Multimedia


Ilustrasi : Google
Jepara, soearamoeria.com-Membuat Iklan Layanan Masyarakat (ILM) merupakan salah satu pilihan Ujian Kompetensi Keahlian (UKK) SMK jurusan Multimedia. Disamping pilihan ujian untuk membuat Iklan Layanan opsi lain yang bisa ditempuh yakni pembuatan E-Learing maupun Bumper.

Ketiga opsi tersebut mempunyai kelebihan masing-masing dalam pembuatannya. Semuanya tergantung materi pelajaran yang diberikan kepada peserta didik untuk jurusan tersebut.

Di kabupaten Jepara, di SMK Az Zahra Mlonggo Jepara pada awal berdirinya tahun 2008 untuk UKK siswa membuat company profile (profil perusahaan). Namun dalam pembuatan profil perusahaan tersebut terganjal kendala, diantaranya izin kepada perusahaan atau instansi yang berbelit-belit. Padahal waktu yang dimiliki siswa untuk membuat tugas terbatas.

Mulai 2012 SMK berbasis pesantren ini memutuskan UKK membuat Iklan Layanan Masyarakat. Pilihan UKK ini karena siswa mendapatkan banyak pelajaran terkait misalnya Pengambilan Gambar Produksi, Menciptakan Efek Khusus, Menyisipkan Teks, Menyisipkan Gambar, Menyisipkan Gambar 2 Dimensi, Menyisipkan Fotografi dan masih banyak lagi.

Dalam penggarapan pembuatan ILM pihak SMK tidak sendiri. Pernah bekerjasama dengan APTI Jawa Tengah dan saat ini bekerjasama dengan Pro TV Semarang. Bersama dengan Apti berjalan dua tahun. Dengan Pro TV Semarang tahun ini juga yang kedua kalinya.   

Tomi Budianto, guru produktif SMK Az Zahra Mlonggo Jepara menceritakan kerja sama SMK Az Zahra dan Pro TV Semarang terkait proses pembuatan dan hasil akhir mulai dari pengambilan gambar dan pembuatan video. Untuk penilaian semua diserahkan kepada pihak Pro TV.

Ide penggarapan sebut Tomi sudah layak kurang maksimalnya karena minimnya sarana prasarana. Sebagai apresiasi terhadap ILM 10 karya terbaik ditayangkan di Pro TV abicara Gitaran Sore-sore. Program Gitaran Sore-sore merupakan momen untuk berbagi pengalaman, proses kreativitas kepada penonton televisi.  

Dari gemblengan 3 tahun kepada peserta didik maka tidak salah jika lulusan SMK Az Zahra jurusan Multimedia beberapa alumninya bekerja di bidang terkait. Misalnya M Fajar Ashari bekerja di O Channel Jakarta, Sirojuddin Ahmad berprofesi sebagai animator dan banyak alumni yang bekerja di video program lokal. (Syaiful Mustaqim)
Iklan Layanan Masyarakat Syarat Lulus SMK Multimedia Iklan Layanan Masyarakat Syarat Lulus SMK Multimedia Reviewed by Syaiful Mustaqim on 22:40:00 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.