Bursa Kerja Khusus, Peluang Kerja untuk Siswa


Jepara, soearamoeria.com-Bursa Kerja Khusus (BKK) SMK Walisongo Pecangaan Jepara bekerjasama dengan PT Semarang Autocomp Manufacturing Indonesia – Jepara Factory (SAMI-JF) merekrut calon tenaga kerja yang dilaksanakan di sekolah setempat, Jum’at (25/4).

Kegiatan diikuti 200 siswa dari SMA sederajat diantaranya MA Mathaliul Huda Troso, MA Walisongo Pecangaan, MA Darul Ulum Purwogondo, MA Zumrotul Wildan Ngabul, MA Miftahul Huda Dongos, SMA Walisongo Pecangaan, SMKN 1 Batealit, SMKN 1 Kalinyamatan, SMKN 3 Jepara, SMK Islam Jepara dan SMK Walisongo Pecangaan.

Ketua BKK, Adi Kurniawan mengatakan perekrutan tenaga kerja di perusahaan bidang perakitan komponen otomotif tersebut baru dilakukan sekali. Sebelumnya, dikatakan Adi masih menginduk BKK SMK lain. “Ini tidak lepas dari dukungan PT Sami JF sehingga perekrutan bisa dilaksanakan di sekolah kami,” paparnya.

Kedepan, lembaga yang mendapatkan izin operasional tahun 2012 lalu bisa memikat hati pelajar di Jepara utamanya dalam perekrutan tenaga kerja. Disampingnya harap Adi banyak perusahaan yang bekerjasama dengan lembaganya.

Sutarwi Samsul Maarif, Kepala SMK Walisongo mengungkapkan tujuan perekturan tenaga kerja untuk memberikan lapangan kerja bagi siswa. “Tidak hanya SMK siswa SMA maupun MA bisa juga berpartisipasi. Sehingga BKK SMK Walisongo untuk SMA sederajat secara luas,” terangnya.

Tujuan lain tambah Sutarwi untuk menambah jaringan perusahaan. Senada dengan Adi ia berharap jalinan perusahaan yang digandengnya semakin bertambah.

Salah satu peserta Intan Yuli Ratnasari (20) menyatakan dirinya ingin langsung usai lulus dari SMK. Siswi jurusan Produksi Grafika SMKN 1 Kalinyamatan akan bekerja di perusahaan tersebut jika diterima. Selvy (17) juga demikian. Siswi XII IPS2 MA Mathaliul Huda Troso tersebut ingin mandiri setelah lulus dari bangku MA.

“Meski orang tua perajin tenun, saya pengen kerja diluar, mas. Kerja apa saja ndak pa-pa yang penting halal,” urai Selvy Windi Mutiara. (qim)

Bursa Kerja Khusus, Peluang Kerja untuk Siswa Bursa Kerja Khusus, Peluang Kerja untuk Siswa Reviewed by Syaiful Mustaqim on 05:15:00 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.