Usaha Mahar Pernikahan Ramai pada Musim Kawin

Jepara, soearamoeria.com-Musim kawin yang biasanya jatuh pada bulan Syawal, Dzulhijjah dan Rabiul Awwal menjadi berkah tersendiri bagi perajin parsel dan mahar. Pasalnya pada bulan-bulan itu pesanan melonjak. Hal itu diungkapkan salah satu perajin Amin Sholichan (29). 

Menurut warga Pecangaan Wetan RT.02 RW.03 kecamatan Pecangaan bulan Dzulhijjah, orang Jawa menyebut Besar ini, ia memperoleh banyak pesanan.

Pesanan, sambungnya berasal dari teman-teman dekat. Sebab Amin menjadikan usaha tersebut hanya sebagai sampingan. Meski demikian setiap kali 15-20 buah ia buat per-pesanan.

Awal mulanya, lulusan MA Walisongo Pecangaan ini menekuni usaha khas perkawinan saat permintaan teman sekelasnya yakni Doni Suryo Prayogo, warga Troso, Pecangaan. Waktu itu pesanan sebanyak 8 parsel dirinya kerjakan ekstra keras mulai menyiapkan bahan-bahan sampai mencari inspirasi dari bentuk binatang, hewan, boneka dan bangunan.


Aris Tiyono temannya, seorang seniman merupakan salah satu inspiratornya. Saat mengerjakan pesanan Doni waktunya lama sampai sepekan. “Pesanan berikutnya juga masih mengalami kesulitan. Tetapi lambat laun saat sudah menguasai sedikit demi sedikit kini semakin gampang,” bebernya.


Kini dalam 2 jam 1 parsel bisa langsung jadi. Untuk mahar selesai dalam waktu sehari. Menurutnya hal yang penting adalah perlunya ketelatenan dan kesabaran. “Dengan sabar dan telaten hasilnya akan maksimal,” pesannya.


Beberapa bentuk parsel yang telah ia buat semisal kura-kura, burung merak, angsa, kelinci, panda, kucing, ikan hias, buaya, gajah. Sedang mahar berupa masjid, perahu, burung dan bunga.


Setiap parsel ia menarif harga Rp.50.000 belum termasuk baki. Untuk mahar Rp. 80.000 tidak termasuk pigura. Toh demikian jika ingin terima langsung jadi buruh di mebel ini juga menerima. Konsekuensinya harga ditambah dengan pembelian baki dan pigura. (Syaiful Mustaqim)


Ilustrasi : Klik disini


Usaha Mahar Pernikahan Ramai pada Musim Kawin Usaha Mahar Pernikahan Ramai pada Musim Kawin Reviewed by Syaiful Mustaqim on 07:44:00 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.