Asyiknya Berkunjung ke Museum Situs Perahu Kuno Rembang - Soeara Moeria

Breaking

Rabu, 06 September 2023

Asyiknya Berkunjung ke Museum Situs Perahu Kuno Rembang

Situs perahu kuno Rembang. (Foto: Theresia)

Rembang, soearamoeria.com – Indonesia terkenal dengan sejarah kemaritimannya, seperti di Rembang yang memiliki banyak pantai, salah satunya yaitu pantai Karangjahe. 


Di dekat Pantai Karangjahe juga terdapat wisata sejarah maritim yang masih banyak belum diketahui oleh khalayak umum. Edupark Situs Perahu Kuno, namanya. Tempat wisata maritim bersejarah ini masih terus dalam proses pengembangan, salah satu bukti hasil perkembangannya yaitu dengan dibuatkannya museum Perahu Kuno.


Di dalam museum Perahu Kuno terdapat beberapa temuan dari Perahu Kuno, di antaranya tulang hewan dan manusia, keramik, gerabah, hingga tali ijuk.


Temuan-temuan tersebut dikonservasi dalam museum bersamaan dengan diberikan beberapa keterangan dan sejarahnya. 


Tak hanya temuan saja yang ditampilkan dalam museum, beberapa infografis tentang situs Perahu Kuno dan desa Punjulharjo yang menarik dan ciamik juga ditampilkan agara memberikan kesan yang informatif dan menarik bagi para pengunjung.


Museum Perahu Kuno ini merupakan program kerja multidisiplin dari teman-teman KKN (Kuliah Kerja Nyata) UNDIP & UNISVET tahun 2023.


“Museum mini di edupark ini menerapkan konsep sustainable architecture yang berarti penerapan keunggulan green building tujuannya untuk meminimalisir dampak negatif pada lingkungan edupark. Hal itu bisa diterapkan dalam penggunaan bahan, energi, ruang yang efisiensi dan moderasi. Bangunan museum ini juga menerapkan universal design pada beberapa sudut untuk keunggulan sebagai ramah terhadap pengunjung disabilitas,” ujar Yita mahasiswi KKN selaku penanggung jawab program kerja multidisiplin.


Tak hanya berwisata saja, pengunjung juga bisa sekaligus sambil belajar tentang sejarah dan yang lainnya yang berkaitan dengan edupark situs Perahu Kuno lewat museum mini tersebut.

 

Bagaimana, apakah tertarik untuk mengunjunginya? (th)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar