Belajar Tidak Hanya di Kelas - Soeara Moeria

Breaking

Sabtu, 08 April 2023

Belajar Tidak Hanya di Kelas

Ngobrol sore dalam tangkapan layar. 

Semarang, soearamoeria.com - Griya Peradaban menggelar ngobrol sore menjelang buka puasa di bulan Ramadan pada Sabtu (8/4/2023). 


Meskipun dengan kondisi yang menahan lapar dan dahaga, tidak menghalangi teman teman untuk bergabung dalam acara. 


Acara yang dimulai pada pukul 16.00 WIB dilakukan secara live instagram @griyaperadaban.id. Acara mengambil tema "Raihlah Beasiswamu, Lanjutkan Studimu, Wujudkan Mimpimu".  Sehingga pembahasan mengenai pengalaman seseorang dalam mewujudkan mimpinya dengan studi. 


Ditemani oleh host dari pegiat griya peradaban yakni Khoirul Adib, acara ngobrol sore mengundang narasumber yang sedang mengenyam kuliah S2 di luar negeri. Ia adalah Brelyantika Indra Jesa. Seorang mahasiswa pasca sarjana dari Jepara yang sekarang ini sedang berada di Portugal. 


Selain sebagai mahasiswa S2, narasumber juga merupakan mentor Griya Peradaban, brand ambassador Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) Dunia, dan peraih beasiswa Erasmus Mundus.


Melihat pencapaiannya tentu membuat siapa saja ingin tahu bagaimana motivasi hidupnya. 


Perjalanan meraih apa yang diimpikan tentu tak mudah. Seperti narasumber yang menceritakan kisahnya saat diterima kuliah di luar negeri tetapi tidak mendapatkan beasiswa hingga lika likunya untuk mendapatkan beasiswa. 


Dengan hanya modal berbahasa Inggris tidak membuatnya putus asa berkuliah ke luar negeri. 


Culture chock merupakan hal lumrah dialami seseorang ketika tinggal di negeri orang. Terlebih di bulan ramadan sekarang. Seperti penjelasan narasumber perbedaan puasa di negeri orang di antaranya jangka waktu yang berbeda, sahur tidak bersama keluarga, dan juga perbedaan makanan mengenai kehalalannya. 


Acara yang berlangsung selama satu jam ini diakhiri dengan closing statement dari narasumber. "Selamat menjalankan ibadah puasa. Semangat teman teman, rencanakan dari sekarang untuk meraih level yang diinginkan, perbanyak berdoa. Motivasi saya yaitu tidak hanya belajar di kelas tetapi juga di manapun dan kapanpun untuk mendapatkannya dan gak usah khawatir Insyaallah ketika kamu itu baik maka akan bertemu dengan orang baik. Jangan cepet puas," jelas Brelyantika. (za)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar