Governing NU Harus Dipercepat! - Soeara Moeria

Breaking

Sabtu, 05 November 2022

Governing NU Harus Dipercepat!

Halaqah Politik dan Sekolah Kepemimpinan Lakpesdam Malang. 

Malang, soearamoeria.com - Amanat Konfercab ke-15 Nahdlatul Ulama Kota Malang salah satunya melakukan peningkatan kapasitas kader agar kehadiran Jam'iyyah Nahdlatul Ulama semakin profesional dan manfaatnya dapat dirasakan langsung oleh umat. 


Melalui perhelatan Halaqoh Politik dan Sekolah Kepemimpinan, PC Lakpesdam NU Kota Malang memasukkan materi tentang "NU dalam Praktik Politik dan Pemerintahan" sebagai salah satu sesi. 


Tak tanggung-tanggung, Narasumber yang dihadirkan adalah M. Faishal Aminuddin ahli politik dari Fakuktas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Brawijaya.


Menurut penjelasan Gus Febri, sapaan akrab Febri Taufiqurrahman selalu ketua pelaksana, materi ini dipilih sebagai respon atas visi besar PBNU dalam tata kelola Jam'iyyah NU untuk meningkatkan profesionalitas dan memantabkan peran jam'iyyah di tengah masyarakat.


"Ini ikhtiar kami di Lakpesdam NU Kota Malang untuk memberikan wawasan keorganisasian kepada kader agar jam'iyah ini semakin baik tata kelola dan peranannya," tegas ahli Linguistik Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang tersebut, Sabtu (5/11/2022).


Ia juga meyebutkan bahwa sejak awal, kegiatan ini bertujuan untuk menyiapkan sumber daya manusia di internal jam'iyyah NU, termasuk pengurus Lakpesdam NU Kota Malang sendiri.


Sedangkan narasumber sesi kedua, Gus Faishal Aminuddin memberikan peta jalan perubahan dalam penataan organisasi.


Menurutnya, NU mulai dari level pusat hingga di level daerah (PC, MWC, PR) seharus menjadi lembaga yang profesional dengan mekanisme dan prosedural yang dibangun.


"Governing NU harus segera dilakukan! Apa itu, yang mengelola NU seperti model pemerintah yang meliputi SDM, keuangannya, manajemen, kinerjanya yang terukur, dan lain sebagainya," imbuh Wakil Ketua PW Lakpesdam NU Jawa Timur tersebut.


Selain itu, kegiatan yang diikuti oleh 50 orang delegasi dari lembaga, Banom, dan MWC tersebut juga dilakukan self assesment dan pretest - post test pada setiap materi yang disampaikan. Hasilnya nanti akan dijadikan raport untuk masing-masing peserta, tak terkecuali kehadiran dan ketepatan waktu. 


Adapun fasilitator yang mendampingi pada sesi ini adalah Edy Purwanto, Komisi Informasi Jawa Timur sekaligus anggota Majelis Pakar Lakpesdam NU Kota Malang. (ip)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar