Dukung GP2SP, Puskesmas Dempet Demak Gelar Pemeriksaan Kesehatan - Soeara Moeria

Breaking

Rabu, 12 Oktober 2022

Dukung GP2SP, Puskesmas Dempet Demak Gelar Pemeriksaan Kesehatan

Pemeriksaan kesehatan Puskesmas Dempet. (Foto: Istimewa)

Demak, soearamoeria.com - Puskesmas Dempet, Demak, menggelar kegiatan penyuluhan dan di wilayah Kecamatan Dempet, Demak.  Kegiatan dengan standar protokol kesehatan pencegahan Covid-19 itu digelar di PT Elsa Fashion Garmindo, Desa Kuwu, Kecamatan Dempet, Kabupaten Demak, pada Rabu (12/10/2022). 


Kepala Puskesmas Dempet, Lukluul Maknun, mengatakan, kegiatan tersebut dilaksanakan sebagai bentuk kepedulian Puskesmas Dempet terhadap perempuan, selain juga untuk mendukung Gerakan Pekerja  Perempuan Sehat Produktif (GP2SP).


“GP2SP merupakan salah satu upaya pemerintah, masyarakat, maupun pemberi kerja dan serikat pekerja untuk menggalang dan berperan mewujudkan upaya perbaikan kesehatan pekerja perempuan. Dengan begitu, pekerja perempuan tersebut dapat meningkatkan produktivitas kerja mereka,” ujar Lukluul yang memimpin langsung kegitan pemerikasan itu.


Ia menyatakan, GP2SP dilaksanakan Puskesmas Dempet karena di wilayah kerja Puskesmas Dempet terdapat perusahaan dengan ratusan karyawan perempuan yang mendominasi. Kegiatan itu meliputi penyuluhan tentang gizi dan pencegahan kanker payudara serta kanker leher rahim. 


"Di samping pemeriksaan IVA kolaborasi pemeriksaan kesehatan usia produktif 15--59 meliputi pencatatan BB, TB, LP, serta pemeriksaan gula darah dan tensi. Termasuk juga pemberian tablet tambah darah (TTD) untuk mencegah anemia," jelas Lukluul yang didampingi Programer Promkes Puskesmas Dempet, Endang Sukesi.


Puskesmas Dempet, lanjut Lukluul, terbuka bagi perusahaan atau industri rumah tangga yang ingin menfasilitasi pekerja perempuannya untuk mendapatkan pemeriksaan kesehatan gratis melalui kegiatan GP2SP. Dia berharap gizi dan kesehatan reproduksi pekerja perempuan yang baik akan berimbas tercapainya produktivitas kerja.


Sementara itu, Ana Nurul Latifah yang mewakili pihak perusahaan PT Elsa Fashion Garmindo, merespons positif kegiatan GP2SP yang diinisiasi Puskesmas Dempet. Ana berharap kegiatan pemeriksaan kesehatan itu tak hanya diselenggarakan sekali, tetapi bisa menjadi kegiatan rutin. 


“Kami berharap kegiatan semacam ini bisa dilaksanakan secara rutin. Dengan demikian, pekerja di perusahaan ini akan bisa lebih meningkatkan produktivitasnya karena kesehatannya terjaga,” ungkap Ana. (ip)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar