Peduli Pendidikan, Mahasiswa KKN Unnes Gelar Pelatihan Microsoft Word - Soeara Moeria

Breaking

Saturday, 3 September 2022

Peduli Pendidikan, Mahasiswa KKN Unnes Gelar Pelatihan Microsoft Word

Peserta didik bersama mahasiswa KKN. (Foto: Rokhmat)

Pemalang, soearamoeria.com - Seiring berkembangnya teknologi di masa milenial, kemampuan dasar komputer merupakan kemampuan dasar yang harus dimiliki semua orang baik tua ataupun muda. Salah satu perangkat lunak (software) yang paling sering digunakan adalah Microsoft Office dengan berbagai jenisnya seperti Microsoft Office Word, Microsoft Office Excel, dan Microsoft Office Power Point. 


SDGs (Sustainable Development Goals) Desa  adalah tujuan pembangunan berkelanjutan yang berorientasi terus menerus pada kesejahteraan ekonomi masyarakat, keberlanjutan kehidupan sosial masyarakat, pemeliharaan kualitas lingkungan, serta pemerataan pembangunan dan penyelenggaraan pemerintahan untuk menjaga kualitas kehidupan dari generasi kemudian ke generasi selanjutnya.

 

Kelompok KKN UNNES Desa Gondang mengusung program kerja Pelatihan Microsoft Office Word tingkat SD/MI Desa Gondang. Dari 18 program yang ada dalam SDGs Desa, program pelatihan termasuk dalam upaya pemberdayaan masyarakat desa berbasis SDGs sejak dini. 


Program kerja tersebut dilaksanakan pada tanggal 1-3 September 2022, bertempat di SD/MI Desa Gondang, Kecamatan Taman, Kabupaten Pemalang, Provinsi Jawa Tengah. Pelatihan dilakukan secara berkala, yaitu tanggal 1 September 2022 diselenggarakan di SDN 01 Gondang yang diikuti oleh siswa/I kelas 5, tanggal 2 september 2022 diselenggarakan di SDN 02 Gondang yang diikuti oleh siswa/I kelas 5, tanggal 3 september 2022 diselenggarakan di MI Hidayatul Mubtadi’in  Gondang yang diikuti oleh siswa/I kelas 5 dan 6, pukul 08.30 WIB. 


Peserta yang hadir dalam pelatihan ini rata-rata belum memiliki dasar penggunaan computer. Sementara, pemateri yang akan menjelaskan materi berasal dari anggota kelompok KKN UNNES Desa Gondang, yaitu Muchamad Faizzal yang dibantu anggota kelompok lainnya. 


Microsoft Word dapat mendukung aktivitas sehari hari khususnya dalam dunia kerja. Aplikasi-aplikasi dari Microsoft office yang sering digunakan dan paling familiar adalah microsoft word untuk mengelolah huruf, misalkan seperti dalam membuat surat, proposal ataupun laporan. 


Adapun materi yang disampaikan berupa penjelasan fungsi keyboard dan fitur-fitur Microsoft Office Word menggunakan proyektor. Peserta dapat mencatat perintah atau ikon yang ada di Microsoft Office Word dan dapat mencocokkan apa yang ditunjuk di layar proyektor dengan laptop yang masing-masing disediakan dari pihak sekolah ataupun yang dibawa oleh mahasiswa KKN UNNES. Kemudian dilanjutkan dengan praktek langsung dibantu oleh pemateri. Jika ada pertanyaan, maka pemateri akan menjawab pertanyaan tersebut dan membantu jika ada masalah selama praktik.


Pelatihan yang sudah dilakukan, diharapkan bukan hanya meningkatkan kemampuan dasar komputer peserta, tapi juga meningkatkan kepercayaan diri dan produktivitas masing-masing peserta dalam pekerjaan, akademik, dan organisasi mereka. Para peserta yang telah mengikuti pelatihan dapat menjadi penggerak perubahan (agent of change) berikutnya dan dapat menyebarkan ilmu yang diperoleh kepada orang-orang di sekitarnya. (ro)

No comments:

Post a Comment