Hadapi Tahapan Pemilu 2024, Bawaslu Jalin Sinergi dengan Pemda - Soeara Moeria

Breaking

Senin, 15 Agustus 2022

Hadapi Tahapan Pemilu 2024, Bawaslu Jalin Sinergi dengan Pemda

Ketua Bawaslu sampaikan pemaparan. (Foto: Istimewa)

Jepara, soearamoeria.com - Hadapi tahapan Pemilu 2024, Bawaslu Kabupaten Jepara melakukan audiensi dengan Pj Bupati Kabupaten Jepara, Edy Supriyanta di ruang Command Center, Kantor Pemda Jepara, Senin (15/8/2022).


Audiensi tersebut dilakukan sebagai langkah Bawaslu dalam menjalin sinergi dengan stake holder Pemilu 2024. Kegiatan dihadiri Pj Bupati Jepara Edy Supriyanta, Ketua Bawaslu Jepara, Sujiantoko beserta jajaran Koordinator Divisi (Kordiv) Bawaslu Jepara, Kepala Balesbangpol Lukito Sudi Asmara, Ketua Satpol PP Jepara Ahmad Junaedi, BPKAD Jepara, serta OPD Jepara.


Ketua Bawaslu Jepara, Sujiantoko mengutarakan niat kedatangan Bawaslu adalah menjalin sinergi dengan Pemerintah Daerah (Pemda) dalam menghadapi tahapan Pemilu 2024. Saat ini lanjutnya masuk tahapan pendaftaran dan verifikasi Partai Politik (Parpol) peserta Pemilu.


Ia mengimbau kepada Pemda dan OPD untuk mengecek anggotanya di Sipol. Memastikan apakah masuk di data Sipol atau tidak. Apabila terdapat pegawai ASN yang masuk di Sipol agar bisa diinformasikan ke KPU maupun Bawaslu.


"Pegawai yang masuk Sipol tetapi tidak merasa dirinya sebagai anggota Parpol, bisa mengajukan keberatan dengan datang ke Posko pengaduan di Kantor Bawaslu Jepara Jl. KH Ahmad Faiuzan No. 15 Saripan, Jepara," terangnya.


Lima komisioner Bawaslu Jepara hadiri audiensi. (Foto: Ist.)
Kesempatan tersebut ia juga mengimbau Pemerintah beserta OPD agar tetap netral saat tahapan nantinya, terutama saat kampanye. Sebab salah satu kerawanan saat tahapan adalah adanya ASN yang tidak netral serta penyalahgunaan aset negara oleh Parpol maupun calon. "Sesuai UU 7 tahun 2017 ASN tidak diperbolehkan memihak kepada calon," imbaunya.


Kedepan pihaknya berharap untuk tetap bersinergi melaksanakan sosialisasi partisipatif dan pendidikan politik bagi masyarakat. "Misal bersama Bakesbangpol, kami sudah kerja sama sebagai narasumber untuk mengisi sosialisasi pengawasan partisipatif. Kerja sama ini harapannya bisa menjadi visi bersama bagaimana menciptakan Pemilu di Jepara yang lancar dan berintegritas," tandasnya.


Sementara itu Pj. Bupati Jepara Edy Supriyanta mengapresiasi atas usaha pencegahan yang dilakukan Bawaslu untuk mensukseskan Pemilu 2024. Ia juga berkomitmen menjaga netralitas saat tahapan.


"Saya berikan perhargaan karena sudah melakukan berbagai upaya pencegahan. Kami sudah diwanti-wanti Sekjend untuk netral. Kami di Jepara tentu akan mentaati peraturan tersebut," ujar Edy. 


Terkait menghadapi tahapan, Pemda berkomitmen untuk membantu Bawaslu dalam mensukseskan Pemilu 2024, dan melaksanakan pendidikan politik. "Prinsip Pemda kami mendukung kegiatan Bawaslu, semoga Pemilu lancar. Kalau ada kesempatan boleh menghubungi kami apabila ada yang dibutuhkan," pungkasnya. (ip)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar