Bawaslu - Ansor Jepara Teken Kerja Sama Bidang Pengawasan Partisipatif - Soeara Moeria

Breaking

Rabu, 08 Juni 2022

Bawaslu - Ansor Jepara Teken Kerja Sama Bidang Pengawasan Partisipatif

Ansor dan Bawaslu teken kerja sama. (Foto: istimewa)

Jepara, soearamoeria.com - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Jepara dengan Pimpinan Cabang (PC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Jepara jalin kerja sama. Hal tersebut ditandai dengan penandantangan nota kesepahaman tentang Sosialisasi dan Peran Pengawasan Partisipatif Pemilihan Umum bertempat di Kantor Bawaslu Gedung B Sekretariat, Rabu (8/6/2022).


Hadir Ketua dan angggota Bawaslu Jepara, Ketua, sekretaris dan Bendahara PC GP Ansor Jepara, Kasatkorcab, dan Kasema. 


Ketua Bawaslu Jepara, Sujiantoko mengatakan nota Kesepahaman ini fokus pada keterlibatan Ansor dalam pengawasan partisipatif dan pendidikan kepemiluan. Kemudian bersama-sama ikut serta mensukseskan pelaksanaan pemilu maupun pilkada di Jepara yang berintegritas dan bermartabat. “Ansor diharapkan ikut mensukseskan pemilu yang baik di Jepara,” kata Sujiantoko.


Ia menambahkan pengetahuan kepengawasan kepemiluan penting untuk mendorong suksesi pelaksanaan pemilu maupun pilkada di Jepara. Sehingga perlu adanya peningkatan kapasitas sumber daya manusia (SDM) kader Ansor di Jepara yang memiliki minat di bidang pengawasan Pemilu. Keterlibatan sebagai pengawas partispatif dapat juga melalui pemantau pemilu yang teriverifikasi oleh Bawaslu RI.


Bawaslu Jepara memang telah bekerja sama dengan berbagi pihak. Dalam perjanjian itu Bawaslu dan Ansor ini sepakat untuk meningkatkan peran dan partisipasi organisasi kepemudaan keagamaan di wilayah Kabupaten Jepara untuk ikut memberikan kontribusi dan sumbangan dalam perbaikan pelaksanaan Pemilihan Umum. Berbagi data dan informasi untuk kepentingan pengembangan keilmuan, riset, publikasi, advokasi dan pengabdian masyarakat. Kerjasama juga dalam fasilitasi konsultasi, sosialisasi dan pengawasan partisipatif serta pemantauan pelaksanaan Pemilihan Umum.


Ansor kunjungi Bawaslu Jepara untuk jalin kerja sama. 
Pihaknya melanjutkan dengan kerjasama tersebut harapannya semakin menguatkan hubungan antara Bawaslu dengan Ansor. Bawaslu Jepara senantiasa siap dalam memberikan sosialisasi dan konsultasi tentang pengawasan pemilu maupun pilkada. Menurutnya kerjasama dengan PC GP Ansor Jepara sebagai langkah awal guna memulai program pendidikan kader yang direncanakan oleh Ansor. Koordinator Divisi Pengawasan dan Hubungan Antar Lembaga itu menegaskan pemberian sosialisasi dan konsultasi kepemilihan bagi Ansor atau semua pihak tidak dipungut biaya.


“Kami siap memberikan materi tentang aturan-aturan pemilu dan pilkada tanpa dipungut biaya,” ungkap Sujiantoko.


Sementara itu Ketua PC GP Ansor Jepara Ainul Mahfudh menyatakan pihaknya memang ingin mengembangkan kapasitas SDM baik di anak cabang maupun ranting di bidang kepengawasan kepemiluan bagi kader yang berminat. Diketahui kader Ansor tidak semua berminat di bidang pengawasan Pemilu lantaran terdiri dari berbagai latar belakang. Menurutnya Ansor Jepara juga ingin terlibat sebagai bagian dari mensuksekan Pemilu yang baik.


“Kami ingin meningkatkan pengetahuan kader-kader kami tentang ilmu kepengawasan Pemilu,” terang Ainul.


Di bidang kaderisasi pihaknya berencana untuk mengadakan kegiatan pelatihan kepemiluan. Dalam waktu dekat beserta anggota akan kembali lagi untuk berkoordinasi dengan Bawaslu Jepara terkait rencana tersebut. (ip)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar