Perkuat Kesiapan Pemilu, Bawaslu – DPRD Jepara Jalin Sinergi - Soeara Moeria

Breaking

Kamis, 10 Maret 2022

Perkuat Kesiapan Pemilu, Bawaslu – DPRD Jepara Jalin Sinergi

Audiensi Bawaslu bersama DPRD Jepara. (Foto: Ist.)

Jepara, soearamoeria.com - Bawaslu Kabupaten Jepara menggelar audiensi dengan DPRD Kabupaten Jepara di ruang komisi A DPRD Kabupaten Jepara, Rabu (10/3/2022). Kegiatan tersebut bertujuan untuk memperkuat kesiapan menghadapi tahapan Pemilu yang rencananya sudah akan dimulai pada bulan Juni 2022. 


Hadir dalam kegiatan tersebut, Ketua Bawaslu Jepara, Sujiantoko beserta jajaran komisioner Bawaslu Jepara, Ketua DPRD Kabupaten Jepara Haizul Maarif, Wakil Ketua DPRD Jepara Pratikno, Wakil Ketua DPRD Nuruddin Amin, serta Ketua Komisi A DPRD Jepara Saidatul Haznak.


Sujiantoko menyebutkan ada beberapa hal yang dibahas dalam agenda audiensi tersebut, di antaranya koordinasi terkait persiapan tahapan yang akan berlangsung di tahun 2022, penyampaian hasil kinerja berupa pencegahan yang telah dilaksanakan Bawaslu, serta koordinasi terkait rasionalisasi anggaran Pilkada 2024.


“Yang kami sampaikan terkait kesiapan Pemilu 2024. Sesuai yang disahkan dari pusat, Pemilu dilaksanakan pada (14/2/2024), sedangkan Pilkada pada (27/11/2024). 12 Juni 2022 sudah mulai tahapan Pemilu, dasarnya dari draft KPU yang belum disahkan. Sedangkan November 2023 sudah dimulai tahapan Pilkada. Kami berharap suport DPRD terkait kesiapan tersebut. Terkait sosialisasi pelaksanaan, kaitan pendewasaan masyarakat dalam mensukseskan Pemilu,” katanya.


Sujiantoko menambahkan, audiensi tersebut sesuai dengan tugas Bawaslu yaitu pencegahan dan pengawasan. Sebagai bentuk pencegahan pihaknya akan berkoordinasi dengan stakeholder yang berhubungan dengan Pemilu, salah satunya DPRD Kabupaten Jepara.


Bawaslu dan DPRD Jepara siap sukseskan Pemilu.

“Ini menjadi bagian ikhtiar Bawaslu mensukseskan pemilu yang integritas dan bermartabat.” tambahnya.


Sementara itu, Ketua DPRD Jepara, Haizul Maarif menyatakan, pihaknya sebagai bagian dari demokrasi, akan mendukung penuh kegiatan Bawaslu Jepara yang sifatnya membawa demokrasi ke taraf yang lebih baik. Ia juga berterimakasih atas informasi yang diberikan terkait jadwal tahapan dan kegiatan pencegahan yang dilaksanakan Bawaslu.


“Pada prinsipnya DPRD sebagai legislatif yang dalam hal ini, demokrasi melekat pada proses kami. Kami berharap betul Bawaslu bisa bersinergi dan bermitra dengan baik dengan DPRD,” terangnya.


Ia menyatakan siap membantu Bawaslu dalam mensosialisasikan demokrasi yang baik serta pendidikan politik kepada masyarakat. Komitmen ini sebagai wujud usaha untuk mewujudkan pemilu yang jujur, adil, bermartabat dan berintegritas.


“Kehadiran hari ini, kami mendapat informasi yang bermanfaat terkait pemilu 2024 nanti. Kami memiliki 50 anggota, tidak terasa sudah mau kampanye lagi. Kami komitmen di 2024 dukung pelaksanaan Pilkada, program-program pencegahan yang dilaksanakan Bawaslu,” pungkasnya. (ip)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar