Media Sosial, Ruang Mengembangkan Ekonomi - Soeara Moeria

Breaking

Sabtu, 05 Februari 2022

Media Sosial, Ruang Mengembangkan Ekonomi

Harish Ashfa El Hakim (CEO Aish Media Group)

Semarang, soearamoeria.com - Kuliah Alternatif angkatan III yang diinisiasi oleh Perkumpulan Griya Peradaban telah memasuki sesi ke V dengan mengangkat topik Creative Ideas on Social Media pada Sabtu (5/2/2022) pukul 11.30 hingga selesai.


Kuliah yang pesertanya mayoritas milenial ini turut menghadirkan pemateri dari kalangan milenial pula, yaitu Nyimas An An Aminah (Pengelola PP Ar-Risalah Ciamis) dan Harish Ashfa El Hakim (CEO Aish Media Group) serta dipandu oleh Astuti Rahayu dari Aktivis Griya Peradaban.


Sebagai pemateri pertama dalam kegiatan tersebut, Aminah menyebutkan empat hal yang perlu diperhatikan oleh seseorang jika ingin kreatif dalam bersosial media. Di antaranya yaitu Social Communication, Personal Branding, Driving the Economy dan Dakwah and Opinion Public. 


Ia menjelaskan, setelah seseorang berhasil membranding diri dengan Self Knowledge, Personal Objective, Audience, Best Self dan Self Promotion maka akan mudah untuk Driving the Economy on Social Media. Artinya, sosial media dapat menjadi ruang untuk mengembangkan ekonomi.


Selain itu, ia juga menerangkan bahwa di sosial media adalah tempat yang potensial untuk berdakwah. "Dengan jangkauan yang lebih luas, seseorang dapat lebih leluasa menyebarkan opini publik." Jelas perempuan yang juga aktif di Instagram tersebut. 


Sementara pemateri kedua, Harish Ashfa lebih khusus menjelaskan mengenai teknik membuat konten yang baik dan menarik berangkat dari Personal Branding. 


Menurutnya, sebelum membuat konten di media sosial, seseorang perlu membranding personal terlebih dahulu. Untuk membranding personal, hal-hal yang harus ada di dalamnya ialah Personal Quality, Past Experience and Stories, Value, Expertise dan Communication with Others.


Lebih lanjut ia menerangkan bagaimana cara untuk membangun Personal Branding. Tahapan-tahapan yang perlu dilakukan adalah menentukan niche atau ceruk pasar, membangun personal image, mengembangkan skill, membuat profil online, lalu membuat konten dengan menentukan target audience. 


"Setelah semua sudah dilakukan, maka konsistensi adalah kunci yang terkunci," tegasnya. 


Kuliah Alternatif yang memiliki fokus menggugah soft skill pesertanya ini dilaksanakan setiap hari Sabtu dengan pemateri dan topik yang berbeda setiap pertemuan. Sebagai informasi, pendaftaran peserta dibuka kembali setelah angkatan III ini selesai. (kh)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar