Keahlian Desain Grafis Tingkatkan SDM Bidang Industri Kreatif - Soeara Moeria

Breaking

Minggu, 29 Agustus 2021

Keahlian Desain Grafis Tingkatkan SDM Bidang Industri Kreatif

 

Pelatihan Desain Grafis Karang Taruna Peduli Bangsa.
Kudus, soearamoeria.com - Memiliki keahlian di bidang desain grafis merupakan salah satu kelebihan yang dapat menunjang pekerjaan di berbagai aspek, terlebih di era yang serba digital seperti ini. Hal tersebut disampaikan oleh Founder dan CEO Aish Media Group Harish Ashfa El Hakim, selaku narasumber pada Pelatihan Desain Grafis yang diselenggarakan Karang Taruna Peduli Bangsa Desa Prambatan Kidul Kecamatan Kaliwunu Kabupaten Kudus.


Dengan mengusung tema “Create Your Creativity” kegiatan dimulai pada pukul 08.00 WIB dan diikuti puluhan anggota Karang Taruna Peduli Bangsa. Kegiatan yang bertempat di Sekolah Dasar Negeri (SDN) 1 Prambatan Kidul ini, menghadirkan Harish Ashfa El Hakim (Founder dan CEO Aish Media Group) sebagai narasumber. Turut hadir Teguh Triyanto (Kadus Desa Prambatan Kidul), anggota IPNU, IPPNU, GP Ansor, dan Fatayat NU setempat.


Dalam kesempatan ini, Harish menyampaikan bagaimana cara menciptakan ide atau konsep konten dan sebagai desainer harus memiliki skill problem solving dalam menangani berbagai masalah.


“Seorang desainer tidak hanya sekadar membuat karya desain saja, tetapi harus cakap dalam menangani berbagai masalah yang dihadapi klien maupun audien,” ucapnya Minggu (29/8/2021). 


Harish menyebut, seorang desainer belum cukup jika hanya menguasai hal teknis saja, tetapi harus cakap dan memberikan kontribusi yang solutif. “Dalam membuat karya desain tidak hanya asal bikin, melainkan ada makna dan tujuan dari dibuatnya desain tersebut,” ungkapnya


Lebih lanjut, Harish menilai desain grafis tidak hanya melulu visual saja. Tetapi juga harus riset terlebih dahulu dan brainstorming dalam proses menemukan solusi maupun ide kreatif.


Hal serupa juga disampaikan Ketua Karang Taruna Desa Prambatan Kidul Muhammad Faizzudin, menyebut skill desain grafis pada era digital sangat penting. Selain itu, dapat meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) di bidang industri kreatif.


“Karena saya yakin setiap anggota mempunyai potensi yang luar biasa, terutama kami ingin mengembangkan potensi itu menjadi karya yang kreatif bagi organisasi maupun personal masing-masing,” jelas Wakil Ketua PAC IPNU Kecamatan Kaliwungu.


Masih dalam penjelasanya, setelah kegiatan ini tentu ada follow up dalam rangka mentoring dan mengembangkan potensi serta kreativitas para peserta. “Setelah pelatihan ini, Semoga nanti dapat mengembangkan kreativitasnya sendiri dan dapat memanfaatkannya untuk hal yang positif,” harapnya


Sementara itu, Kadus Prambatan Kidul Teguh Triyanto, dalam sambutannya menyampaikan bahwasanya para pemuda nantinya memiliki rasa kepedulian terhadap lingkungan serta aktif bersosial dan bermanfaat bagi sekitar. “Setelah pelatihan desain grafis ini, semoga peserta dapat mengembangkan ilmu desain grafis dengan baik dan bermanfaat bagi sekitar,” pesannya


Desi Sekar Fitri Aulia salah satu peserta menyebut kegiatan seperti ini dapat menjadi bekal dalam belajar dan mengembangkan skill di dunia desain grafis.


“Meskipun hari ini belajar hal dasarnya, bagi saya bisa menjadi bekal dalam membuat pamflet, poster, flyer, maupun banner. Hal tersebut dapat diterapkan sebagai media promosi di media sosial maupun lainya,” katanya.


Hal serupa juga disampaikan salah satu peserta Rishalia Qolifaun Janna menilai konsep kegiatan seperti ini sangat menunjang skill kreatif dan ditambah langsung praktik, sehingga masing-masing peserta bisa bertanya dan didampingi langsung oleh narasuumber.


“Bagi saya, penyampaian materi dan konsep belajarnya dari narasumber sangat baik dan mudah dipahami. Mengingat saya masih pemula dan sangat membantu,” ujarnya. (ha)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar