SMK Al Fatah Banjarnegara Gelar MPLS dengan Sistem Daring - Soeara Moeria

Breaking

Monday, 13 July 2020

SMK Al Fatah Banjarnegara Gelar MPLS dengan Sistem Daring

MPLS Daring SMK Al Fatah Banjarnegara. (Dok. Istimewa)
Banjarnegara, soearamoeria.com - Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) juga dikenal sebagai Masa Orientasi Siswa (MOS) atau Masa Orientasi Peserta Didik Baru (MOPD) merupakan sebuah kegiatan yang umum dilaksanakan di sekolah setiap awal tahun ajaran guna menyambut kedatangan para peserta didik baru telah usai yang dilaksanakan  secara Online.

SMK Al Fatah Banjarnegara  yang dalam pelaksanaanya selama lima hari   menyelenggarakan  kegiatan tersebut  dengan daring menyampaikan berbagai materi yang sudah terjadwal  dengan konten-konten yang diberikan ke siswa baru melalui beberapa platform  seperti  Youtube, Facebook, dan Whatsapp. 

Di antara  materi  MPLS yang disampaikan para pemateri; Wawasan Wiyata Mandala, Pengenalan Lingkungan Sekolah dan Pesantren, Cara Belajar Efektif dan Pengenalan Jurusan. 

Muhammad Arifin dalam pembukaannya  MPLS Senin (13/7/2020) secara streaming  menyampaikan SMK Al Fatah  Banjarnegara  memiliki 3 jurusan atau program keahlian  yaitu Teknik Kendaraan Ringan Otomotif, Rekayasa Perangkat Lunak  dan Perbankan Akutansi. 

Dalam live streamingnya pihaknya mengharapkan  agar calon siswa baru  lebih mengadaptasi cara belajar di tengah situasi pandemi sehingga siswa harus lebih faliliar  menggunakan teknologi  komunikasi  karena  mau tidak mau  suka tidak suka  kita tetap akan  menghadapi teknologi komunikasi  yang semakin hari semakin massif. 

Oleh karena  itu  siswa baru SMK Al Fatah diharapkan  menjadi  pelopor dan penggerak  media  telekomunikasi dan industri   serta finansial   sesuai   jurusan yang ada di SMK Al Fatah Banjarnegara. 

“Siswa  SMK Al Fatah  Banjarnegara  haruslah  menjadi unggul  dengan  nyata  di dalam kompetensinya  tetapi tetap menjadikan nuansa Islami di dalam setiap tingkah langkah dan perbuatan. Serta kompeten  di bidangnya  untuk menyongsong era baru  di era new normal secara nasional maupun global,” tambahnya.  

Adapun beberapa materi yang disampaikan dalam Ngobrol Unik Bareng SKAFA  itu di antaranya membicarakan Sapa Peserta Didik Baru Skafa,  Tak Kenal Maka Tak Sayang, Yuk Kenalan Karo Bapak Ibu Guru, Sekolah Sambil Ngaji Ngaji Sambil Sekolah, Apa Jurusanmu?, dan Rahasia Bocah Pinter.

Selain itu sekolah juga memberikan doorprice untuk siswa aktif dan komunikatif dalam setiap sesi dengan memberikan berupa voucher pulsa internet ke masing-masing siswa  setiap hari kepada 10 siswa yang beruntung.  

Setelah MPLS secara daring, saatnya  siswa  mulai belajar daring sesuai jadwal dengan kelas dan jurusan masing-masing.  

Pada Senin (20/7/2020) semua peserta didik baru melakukan pembagian kelas dan perwalian oleh wali kelas masing-masing. Selanjutnya pada hari berikutnya siswa baru melakukan pembelajaran daring di rumah masing-masing dengan jadwal yang sudah ditentukan. (sm)

No comments:

Post a comment