Sosok Hebat Itu Bernama RMP Sosrokartono - Soeara Moeria

Breaking

Thursday, 16 April 2020

Sosok Hebat Itu Bernama RMP Sosrokartono

RMP Sosrokartono. (Foto: merdeka.com)
Oleh : Hisyam Zamroni, Kepala KUA Kecamatan Jepara

Hari Jumat tanggal 10 April 1877 kita memperingati hari lahirnya RMP Sosrokartono. Beliau dilahirkan 143 tahun yang lalu di Pelemkerep Mayong Jepara.

RMP Sosrokartono adalah sarjana utama dan unggul internasional yang mampu menguasai 35 bahasa dan beliau adalah jurnalis internasional yang bertugas malang melintang di luar negeri.

Jepara patut bangga mempunyai tokoh hebat seperti RMP Sosrokartono. Di saat Indonesia belum bisa apa-apa sosok RMP Sosrokartono sudah melanglang dunia dan beliau juga lah yang menginspirasi  RA Kartini untuk menciptakan gerakan emansipasi wanita.

RMP Sosrokartono adalah sosok yang waskito dengan ajaran sufinya "alif" sehingga beliau dijuluki "Sang Alif."

Yang pasti, RMP Sosrokartono sekarang ini  menginspirasi kita semua yaitu  bagaimana kita mampu mengubah diri kita dan tatanan kehidupan bernegara dan berbangsa bahkan dunia  dengan terbuka, inovatif dengan tetap memegang teguh budaya bangsanya dan negara Indonesia.

RMP Sosrokartono meninggalkan kita semua pada 08 Februari 1952 yang di semayamkan di Kudus  dengan berbagai teladan ajarannya.

Semoga dengan kita memperingati kelahiran RMP Sosrokartono  kita dan anak cucu kita diberikan kekuatan, izin, bimbingan dan ridho dari Gusti Allah SWT mampu meneruskan perjuangannya. Amin Amin Amin. (*)

No comments:

Post a comment