Siapkah Indonesia Menjadi Tuan Rumah Piala Dunia U20 2021? - Soeara Moeria

Breaking

Wednesday, 8 January 2020

Siapkah Indonesia Menjadi Tuan Rumah Piala Dunia U20 2021?

Muhammad Nasyith Asta Kinarya
Oleh : Muhammad Nasyith Asta Kinarya, Universitas Islam Malang
 
Sepak bola adalah salah satu permainan olahraga yang paling banyak disukai oleh seluruh dunia, tidak dipungkiri lagi permainan sepak bola adalah permainan yang paling disukai bahkan beberapa tahun belakangan sepak bola tidak lagi hanya dimaiankan oleh kaum adam tapi kaum hawa pun sudah banyak yang mempermaiankannya tidak ketinggalan FIFA sebagai induk sepak bola dunia sudah mengadakan piala dunia khusus cewek. 

Dari sini sudah terbukti bahwa sepak bola adalah permainan olahraga yang paling banyak disukai oleh manusia dihampir seluruh dunia .Hajatan terbesar sepak bola yang diadakan setiap 5 tahun sekali oleh induk sepak bola dunia FIFA adalah menjadi ajang paling ditunggu bagi pecinta sepak bola selain ditunggu banyak pecinta bola diseluruh dunia banyak Negara yang menginginkan menjadi tua nrumah piala dunia. 

Banyak Negara yang ingin jadi tuan rumah piala dunia karena dengan menjadi tuan rumah piala dunia tentu Negara tersebut banyak diuntungkan promosi wisata gratis juga bisa membuktikan Negara tersebut bukan Negara yang bisa dipandang sebelah mata. Dimana tidak begitu, karena mengadakan piala dunia tidak mudah. 

Banyak yang harus disipakan dan juga banyak yang harus diperbaiki karena selama piala dunia berlangsung seluruh dunia akan focus ke Negara tuan rumah tentu disini tidak akan ada Negara yang ingin dibikin malu mereka akan memperbaiki segala sesuatunya seperti saran olarag penginapan trasportasi dan tentu memperbaiki segala sesuatu agar mendapat pujian dari manca Negara tentu peran Negara dalam hal ini sangat besar dan butuh waktu yang banyak juga tentu Negara harus menyiapkan dan tentu tidak sedikit untuk menyukseskananya.
 
Indonesia pada tahun 2021 ditunjukoleh FIFA sebagai tuan rumah piala dunia U20. Walau hanya menjadi tuan rumah yang u20 tapi kita harus mengapresiasi itu karena walau hanya u20 tentu ini salah satu kesempatan yang baik karena tidak semua Negara dapat kesempatan ini maka ini adalah suatu kesempatan baik untuk Negara Indonesia. Saya adalah salah satu orang yang sangat antusias mendengar hal ini bukan karena apa-apa memang tidak bisa dibohongi yang nama piala dunia entah itu usia berapa pun tetap menjadi sorotan dunia. 

Dilain sisisaya pribadi senang adalah yang sedikit menjadi kehawatiran bisa atau tidak Negara kita Indonesia menjadi tuan rumah piala dunia yang sukses. Karena kita tau problem sepak bola Indonesia adalah fasilitas pendukung seperti trasportasi kesetadion banyak setadion di Indonesia yang mempunyai transportasi yang kurang mendukung dimana tidak bisa menjangkau kesetadion secara langsung. 

Dimana itu yang harus menjadi perhatian dari pemerintah harus menyiapkan sebaik mungkin missal menyediakan transportasi khusus buat supporter manca Negara atau penonton local yang datang untuk melihat piala dunia U20 juga bisa pemerintah atau PSSI menyediakan trasportasi pendukung seperti BUS langsung ketempat tempat sentral seperti stasiun juga bandara untuk dengan cara ini bisa memudahkan informasi kepada orang yang dari manca Negara bisa juga menyediakan pos informasi di tempat tempat antar tersebut untuk memudakan informasi. Pemerintah melalui mentri pemuda dan olahraga dan juga PSSI bisa  bersinergi dalam menyiapkan hal ini. 

Selain itu PSSI juga pemerintah harus memikirkan hal lain seperti kualitas lapangan pertandingan dan juga latian yang harus standar  FIFA dalam hal ini beberapa setadion sudah memiliki rumput lapangan yang setandar FIFA tapi masi juga ada setadion yang menjadi salah satu venue piala dunia U20 yang belum standar FIFA hal ini menjadi Pekerjaan rumah bagi pemerintah dan pssi dalam melakukan renovasi stadion juga lapangan latian yang setandar FIFA. Dari pemerintah daerah yang dimana salah satu stadion dipake untuk piala dunia ini sudah membenahi diri seperti setadion Gelora Bung Tomo di Surabaya yang sudah mulai memperbaiki setadion seperti penambahan fasilitas papan skor yang baru dan sampai hari ini juga masih melakukan pembenahan hal yang lain. Tidak lupa juga setadion lain yang melakukan hal serupa demi mensukseskan ajang paling bergengsi ini dalamsepak bola.

Dalam opini saya Indonesia menjadi tuan rumah piala dunia menurut saya sangat siap untuk menyiapkan yang sebaik mungkin karena Indonesia tidak perlu bangun setadion baru karena banyak setadion di Indonesia yang layak menjadi venue piala dunia Indonesia tinggal  melakukan perbaikan sedikit ke pada setadion yang akan dijadikan venue. Dilihat dari pemerintah dan pssi juga sudah berusaha untuk memberikan yang terbaik. 

Dari sisi ini semua saya rasa menurut opini saya Indonesia sangat siap menjadi tuan rumah selain itu Indonesia akan disorot dunia dan yang pasti itu menjadi promosi wisatadi indonesia selain itu Indonesia akan banyak dikungjungi oleh wisatwan manca Negara yang mendukung Negara nya dipiala dunia serta melakukan wisata selain itu cendra mata asli Indonesia akan banyak terjual otomatis berdampak pada ukm yang ada didalamnya. Banyak lagi keuntungan Indonesia yang akan didapat tentu disini masyarakat juga harus mendukung untuk terlaksanaya piala dunia yang baik demi nama Indonesia dimata dunia.

No comments:

Post a comment