Belajar Kebijakan Publik - Soeara Moeria

Breaking

Saturday, 2 November 2019

Belajar Kebijakan Publik

Kebijakan Publik
Judul : Kebijakan Publik Evaluasi, Reformasi dan Formulasi
Pengarang : Hayat, S.A.P, M.Si.
Penerbit : Intrans Publishing
Cetakan : Juli, 2018
Tebal : XXIV + 134 hlm
Peresensi : Muhammad Nasyith Asta Kinarya, mahasiswa Fakultas Ilmu Administrasi jurusan Administrasi Publik Universitas Islam Malang

Buku Kebijakan Publik Evaluasi Reformasi dan Formulasi ini merupakan buku yang ditulis dan rilis juli 2018. Buku ini membahas ilmu kebijakan publik secara luas juga memberikan teori. konsep dan cara cara yang dibangun dalam rangka menciptakan good governance dalam rangkah reformasi kebijakan publik juga memberikan formulasi untuk kebijakan publik.

Buku ini juga sangat muda difahami oleh pembacanya. Selain itu buku ini sangat cocok untuk refresi bagi seseorang yang sedang mempelajari kebijakan publik, sepertihalnya mahasiswa, pemerintah juga bisa menjadikan buku ini sebagai refrensi alternatif dalam kebijakan publik. Buku ini sangat ditail menjelaskan tentang kebijakan publik terlihat dari sun bab yang menjelaskan secara ditail.

Kebijakan Publik dibuku ini, bagaimana dijelaskan tentang pengertian kebijakan publik dalam menyelenggarakan pemerintahan juga memberikan teori teorinya. Selain itu buku ini juga memberikn pemikiran atau pemahaman baru tentang kebijakan publik yang tentu bisa membuat hal yang lebik baik dalam kebijakan publik.

Evaluasi Kebijakan Publik dibuku ini memberikan evalusia tentang suatu permasalaan tentang kebijakan publik. Evaluasi akan menghasilkan tuntutan yang bersifat evaluatif, dimana untuk mencapai suatu tujuan yang telah disepakati. Dengan buku ini sangat muda untuk mempelajari cara-cara evaluasi kebijakan publik yang baik dan benar secara teknis. Teori-teori dalam bab evaluasi lebikana publik dibuku ini juga sangat baik dan bisa dijadikan sebagai refrensi dalam mengevaluasi kebijakan publik untuk lebi baik.

Penilaian Kinerja menurut (Wirawan, 2009; Ayun, 2011) proses merencanakan, mengorganisasi, menyupervisi, mengontrol, dan menilai kinerja. Untuk mengatur kinerja organisasi publik yaitu Responsiveness, Responbility, dan Accountability.

Dalam bab Reformasi Birokrasi ini menjelaskan tata cara dalam merubah birokrasi ke arah yang lebi baik dengan cara yang benar dalam buku ini dijelaskan sangat ditail beserta teori yang dijadikan pedoman reformasi birokrasi.

Pelayanan  publik dan good governance juga membahas bagaimana menciptakan good governance yang mampu memberikan pelayanan yang maksimal bagi masyarakat. Selain itu berbagai macam kebijakan juga masih berlaku dalam menciptakan good governance.

Dalam bab terakhir membahas tentang formulasi Kebijakan Publik juga mempelajari tentang bagaimana konsep formulasi kebijakan dan juga prinsip-prinsip dan berbagai model formulasi kebijakan.

Dalam buku Kebijakan Publik ini penulis memberikan berbagai argumen dan penjelasan dari beberapa para ahli tentang pengertian, konsep dan tujuan serta yang lain sebagaimana terkait dengan kebijakan publik. Buku ini dianggap mampu memberikan sebuah landasan dan mampu menjadi pedoman bagi pemerintah untuk meningkatkan kualitas kebijakan publik kedepannya. Selain itu buku ini juga muda didapatkan di berbagai tokoh buku hampir diseluruh indonesia dan sangat disarankan bagi yang sedang belajar kebijakan publik.

Kelebihan buku ini kata kata yang sangat muda difahami dan dimengerti dan tentu itu sangat membantu pembaca dalam mempelajarinya. Kekurangan sedikit sekali memberikan teori tentang kebijakan publik.

No comments:

Post a comment