Arah Tujuan Kebijakan Publik - Soeara Moeria

Breaking

Thursday, 7 November 2019

Arah Tujuan Kebijakan Publik

Kebijakan Publik
Judul Buku : Kebijakan Publik Evaluasi, Reformasi, dan Formulasi
Penulis : Hayat
Penerbit : Intrans Publishing
Cetakan : Juli 2018
Tebal : 134 Halaman
ISBN : 978-602-6293-52-7
Peresensi : Alfa Mafaza Alma, mahasiswa Universitas Islam Malang

Kebijakan publik adalah suatu keputusan pemerintah yang di ambil untuk kepentingan masyarakat untuk mecapai tujuan bersama. Di dalam kebijakan publik memiliki undang undang yang harus di laksanakan sebagaimana yang sudah di terapkan di dalam pemerintahan tujuan dari kebijakan publik itu sendiri yaitu mengembangkan sumber daya secara menyeluruh untuk mengatur suatu kegiatan dan menghasilkan masyatakat yang baik dan tentram.

Pada bagian evaluasi publik sendiri meliputi penilaian terhadap suatu permasalahan yang menunjukan baik dan buruknya persoalan tersebut, suatu perencanaan ketetapan kebijakan yang telah di tentukan. Tujuan dari evaluasi publik sendiri yaitu untuk mencapai tujuan bersama yang sudah di sepakati. Fungsi dari kebijakan publik sendiri ada 4 yaitu  eksplanasi, kepatuhan, audit, dan akunting. Evaluasi kebijakan bisa di katakana berhasil apabila kesesuaian implementasi suatu kebijakan dengan garis yang telah di tetapkan. 

Reformasi birokrasi yang telah  di tegaskan ke dalam pemerintahan merupakan langkah awal untuk mengembalikan keadaan yang terjadi di dalam birokrasi pemerintah. Akan tetapi melalui reformasi birokrasi, perubahan yang terjadi di dalam birokrasi sendiri maupun keluar birokrasi akan berjalan dengan baik, secara struktural yang efektif infrastruktur memadai dan sistem yang terkontrol dengan baik. Kunci dari keberhasilan reformasi birokrasi adalah good governance akan tetapi pelayan publik sendiri menjadi pintu utama untuk menuju pemerintahan yang baik. Pemerintah sendiri juga harus menerapkan SOP, Standart kinerja, Standart pelayanan, serta Sumber manusia yang harus di penuhi untuk kebutuhan masyarakat.

No comments:

Post a comment