Pasutri Ini Siap Bersaing dalam Pilpet Mambak Jepara - Soeara Moeria

Breaking

Monday, 26 August 2019

Pasutri Ini Siap Bersaing dalam Pilpet Mambak Jepara

Pasutri di Mambak Jepara siap bersaing dalam Pilpet. (Foto: Istimewa)
Jepara, soearamoeria.com – Pemilihan Petinggi (Pilpet) Serentak Kabupaten Jepara yang akan dilaksanakan di 136 desa di 15 Kecamatan memasuki babak Penetapan Bakal Calon Petinggi. Salah satu desa di Jepara yang menarik diperbincangkan adalah Desa Mambak Kecamatan Pakis Aji Kabupaten Jepara.

Di Desa yang memiliki lebih dari 3.000 lebih pemilih itu Calon Petinggi yang ikut serta dalam pesta demokrasi di tingkat desa ini hanya diikuti oleh 2 calon. Bersamaan dengan Rapat Pleno Terbuka Penetapan Bakal Calon Menjadi Calon dan Pengundian Nomor Urut pada Sabtu (24/8/2019) lalu di Balai Desa Mambak mengesahkan nomor urut 1 atas nama Hadi Prayitno dan nomer urut 2, Hartini.

Seperti info yang diterima soearamoeria.com Hadi Prayitno adalah petahana. Sedangkan Hartini merupakan istri dari Hadi Prayitno.

Ketua Panitia Pemilihan Petinggi Desa Mambak, Asyhadi mengatakan kronologi pasangan suami istri (pasutri) yang akhirnya maju dalam pilpet. 

“Panitia dibentuk untuk menyelenggarakan Pemilihan Petinggi dengan sebaik-baiknya. Setelah itu panitia sudah melakukan sosialisasi dan juga pemberitahuan kepada warga masyarakat sesuai dengan tahapan yang ada bahwa akan dilaksanakan pemilihan Petinggi Desa Mambak,” katanya.

Sejak pendaftaran calon dibuka pada 16 Juli 2019 sehari berikutnya Hadi Prayitno mendaftarkan diri dengan membawa persyaratan yang ada. “Sampai pada tanggal 24 Juli 2019 pagi belum ada pendaftar lagi. Hal ini sempat membuat panitia khawatir sebab dalam Perbup 33 tahun 2019 dinyatakan bahwa Calon Petinggi sekurang kurangnya 2 calon. Alhamdulillah pada malam hari pukul 22.00 Wib tanggal 24 Juli 2019 Ibu Hartini dengan didampingi suaminya mendaftarkan diri sebagai Bakal Calon dengan membawa persyaratan,” jelasnya.

Ditanya soal profil kedua calon pihaknya menambahkan Hadi Prayitno adalah petahana Petinggi Mambak. Pada periode sebelumnya Hadi berhasil mengalahkan 3 rival politiknya.

Perlu diketahui, sebelum menjadi Petinggi ia pernah menjadi tukang kayu dan juga penjual kayu gelondong. Sedangkan Hartini sehari-harinya adalah Ibu Rumah Tangga (IRT). Selain menjadi IRT di organisasi sosial kemasyarakatan dia aktif di Fatayat NU Ranting Mambak.

Setelah Penetapan Bakal Calon Petinggi, Panitia Pemilihan Petinggi Desa Mambak ada sejumlah agenda. Di antaranya pengumuman Daftar Pemilih Sementara (DPS), DPTamb. dan DPT.

Adapun jadwal pendaftaran pemilih sampai penetapan DPS 14-25 Agustus 2019, penyusunan DPTamb. tanggal 28-30 Agustus 2019 dan pengumuman dan penetapan DPT 4-7 September 2019.

Untuk lokasi pemilihan rencana akan dilaksanakan di Lapangan Desa Mambak. Di tempatkannya di Lapangan lantaran letak Balai Desa yang berada di tepi jalan raya dan juga masih dalam proses pembangun pagar sehingga tidak memungkinkan digunakan untuk Pilpet.

Dalam Pilpet yang akan diikuti oleh lebih dari 3000 orang pada 17 Oktober 2019 mendatang pihaknya berharap Pilpet Desa Mambak berjalan dengan damai dan lancar. “Kedua, partisipasi masyarakat sangat kami harapkan mengingat calon hanya 2 orang (pasutri),” harapnya. (sm)

No comments:

Post a comment