5 Bakal Calon Petinggi Bersaing di Pilpet Desa Tahunan - Soeara Moeria

Breaking

Thursday, 25 July 2019

5 Bakal Calon Petinggi Bersaing di Pilpet Desa Tahunan

Lima bakal calon Petinggi Desa Tahunan. (Foto: Istimewa)
Jepara, soearamoeria.com – Pada bulan Oktober mendatang Kabupaten Jepara akan menggelar Pemilihan Petinggi (Pilpet) serentak di 136 desa. Salah satu desa di Jepara yang turut menyelenggarakan pesta demokrasi di lingkup desa itu ada Desa/ Kecamatan Tahunan Kabupaten Jepara. 

Sebagaimana informasi yang redaksi terima ada lima bakal calon Petinggi yang akan bersaing dalam Pilpet Desa Tahunan Oktober mendatang. Mereka adalah Arifin, H. Muhadi, Suroto, H. Sutoyo, dan Maserum.  

Ketua Panitia Pemilihan Petinggi (P3) Desa Tahunan, Khamdi mengatakan sampai penutupan pendaftaran, Kamis (25/7/2019) malam warga Desa Tahunan yang mendaftar sebagai bakal calon Petinggi ada lima orang. 

“Selanjutnya tahapan yang harus dilaksanakan adalah memberikan sosilisasi kepada warga Desa Tahunan agar mereka tahu calon pemimpin desa mereka,” katanya sebagaimana  dilansir kabarseputarmuria.

Pihaknya mengemukakan P3 Desa Tahunan dalam sosialisasi pendaftaran calon Petinggi berkeliling desa tujuannya agar respon warga antusias terhadap pengisian Petinggi. Alhasil, warga yang mendaftarkan diri menjadi bakal calon Petinggi cukup tinggi. “Ada empat bakal calon baru dan ditambah satu petahana sehingga jumlahnya 5 termasuk paling banyak di Kecamatan Tahunan,” bebernya. 

Ditanya soal uang jaminan bagi bakal calon sebagaimana tertera dalam Peraturan Daerah (Perda) Kabupaten Jepara, lanjut Khamdi Desa Tahunan menetapkan uang jaminan sebesar Rp25 juta.

“Untuk Desa Tahunan akan dikembalikan minimal H+1 setelah pemilihan,  kecuali hari libur dan untuk uang jaminan disetor ke BMT Muamalat kemudian panitia menerima slip setoran, sehingga panitia tidak memegang uang tunai setoran dari bakal calon,” tandasnya.

Perlu diketahui Desa Tahunan terdiri dari 37 RT dan 8 RW sedangkan  dengan Daftar Pemilih Sementara (DPS) sebanyak  10.136 orang. Pihaknya berharap setelah penutupan pendaftaran bakal calon Petinggi suasana Desa Tahunan tetap kondusif sampai dengan digelarnya Pilpet pada Oktober yang akan datang. (fm)

No comments:

Post a Comment