Kenalkan Perguruan Tinggi dan Peluang Usaha pada Siswa



Jepara, SoearaMoeria.Com
Ikatan Alumni SMK Fadlun Nafis Bangsri (Ikafanaba) menggelar expo yang perdana di Halaman SMK Fadlun Nafis Bangsri Jepara dengan tema "Membuka Pandangan Top Karir guna membuka Job Marching Dalam Diri", Sabtu (13/01/2018).

Ketua Ikafanaba, Asifatun Hidayah mengatakan terselenggaranya Esfanaba Expo 2018 bertujuan untuk membuka wawasan masyarakat dan siswa dalam dunia karir maupun pendidikan.

Alhamdulillah walaupun usia Ikafanaba baru tujuh bulan akan tetapi sudah mampu mempersembahkan kegiatan expo ini kepada almamater,” ujarnya.

Sebagai expo yang pertama kegiatan itu memiliki tujuan agar acara dapat menjadi sarana dalam mengenalkan PT kepada siswa kelas XII dan wawasan terkait peluang usaha.

Menurut Harmanto, Pengawas SMK Jateng arus persaingan yang begitu pesatnya harus diimbangi dengan sumber daya yang berkualitas. Sehingga perlu adanya kerja keras dalam menekuni sesuai bidang yang diinginkan.

Kita harus fokus dengan bidang yang telah ditekuni. Jangan sampai mudah tergiur dengan hal baru, harus ada upaya dalam meningkatkan dan mengembangkan dengan kreatif dan inovatif,” tandasnya.

Senada dengan pelaku usaha UMKM, Muamaroh mengatakan kita harus memilki jiwa inovatif maupun kreatif dengan melihat peluang yang ada di sekitar. Seperti dengan kripik bonggol pisang bisa mengantarkan namanya menjadi juara tingkat Jawa Tengah.

Maka jangan menganggap apa pun dengan remeh, namun pelajari terus-menerus, jangan takut gagal. Berani mencoba itu hal yang baik, kegagalan merupakan akar dari sebuah keberhasilan,” terangnya.

Amrina Rosyida, Kasie Penta PKK Lattas dari Dinas Koperasi UKM, Tenaga Kerja dan Tranmigrasi Kabupaten Jepara memaparkan di era globalisasi ini harus pintar dalam melihat peluang usaha, caranya dengan mengikuti job fair maupun pelatihan sebagai bekal ketrampilan diri.  

Pada Esfanaba Expo yang perdana ini dimeriahkan dengan lomba pentas seni tingkat SMP/MTs sederajat se-Jepara, talkshow alumni, expo universitas di Jawa Tengah dan bazar produk UKM.
 
Pada ajang Lomba Pentas seni Juara satu diraih oleh SMP N 6 Jepara, sementara juara dua dan tiga disabet oleh MTS KRM Marzuqi.

Kepala SMK Fadlun Nafis Bangsri, Akhmad Efendi berharap kegiatan tersebut bisa diselenggarakan setiap tahun. (sm)
Kenalkan Perguruan Tinggi dan Peluang Usaha pada Siswa Kenalkan Perguruan Tinggi dan Peluang Usaha pada Siswa Reviewed by Syaiful Mustaqim on 22:09:00 Rating: 5

1 comment:

  1. Penting memang untuk mengenalkan kegiatan seprti ini
    agar anak muda kita mampu berinovasi, ini juga bisa membantu perekonomian nantinya

    ReplyDelete

Powered by Blogger.