Praktik Ubudiyah untuk Santri Putri Pati - Soeara Moeria

Breaking

Selasa, 31 Oktober 2017

Praktik Ubudiyah untuk Santri Putri Pati



Pati, SoearaMoeria.Com
Badan Pelayanan Pondok Pesantren Putri (BP4) Pati mengadakan pelatihan bimbingan ubudiyah. Bertempat di aula MTs/MA Al-Hikmah, Kajen, Pati Jumat (27/10/2017) hadir puluhan santri putri utusan dari berbagai pesanten di kecamatan Margoyoso dan sekitarnya.

Sebagai narasumber Ibu Nyai Umdah El-Baroroh (pengasuh Pesantren Mansajul Ulum, Cebolek) dan Ibu Nyai Royyanach Ahal (pengasuh Pesantren Permata Al Hikmah, Kajen).

BP4 ini merupakan departemen yang ada dalam Pengurus Cabang (PC) Rabithah Ma’ahid Islamiyyah (RMI) Nahdlatul Ulama (NU) Pati.

Dalam pelatihan kali ini tak hanya mendapatkan pemahaman materi dari pemateri tapi sekaligus mempraktikkannya. Harapan dari panitia santri putri ini mampu mengajarkan kembali materi pada teman-temannya di pesantren.

Terdapat dua sesi dalam pelatihan kali ini, sesi pertama pembahasan bersuci thaharah (bersuci); kajian tentang najis dan jenis-jenisnya berikut cara mensucikannya.

Nyai Umdah El-Baroroh menjelaskan dengan berbagai macam pemahaman fikih yang diajarkan di pesantren-pesantren salaf pada umumnya.

Sedangkan Nyai Royyanach Ahal menyampaikan tata cara berwudhu dengan baik dan benar, tayammun dan cara mandi besar.

Alhamdulillah saya bersyukur dan senang sekali melihat antusiasme peserta mengikuti pelatihan ini padahal diadakan hampir seharian, mulai pagi hingga petang, waktu bisa maksimal digunakan, istirahat hanya makan dan Zuhur saja,” terang neng Yana, sapaan akrab Nyai Royyanach Ahal yang juga aktif di gerakan Ayo Mondok Nasional.

Tak hanya diajari tentang ubudiyah, kegiatan ini juga mempererat silaturrahim santri putri antar pesantren. Peserta merasakan pelatihan ini penting bagi mereka, bahkan peserta justru mengharapkan pelatihan praktik ubudiyah ini dapat sering diadakan.

Pada sesi terakhir, peserta diminta membuat resume kelompok dari keseluruhan materi. Selanjutnya, mempresentasikan resume tersebut di depan forum.

Kesan dari peserta kegiatan ini bisa diduplikasi dan menjadi acara rutin BP4, mengingat materi ini merupakan materi sehari-hari yang selalu dipraktikkan. (kamilia)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar