KB Al Azhar Kenalkan Spirit Ibadah Haji Lewat Manasik



Kudus, SoearaMoeria.Com
Sudah menjadi keharusan untuk mengenalkan rukun iman dan islam kepada anak, apalagi rukun islam yang ke-lima.

"Haji, ya, rukun Islam yang kelima ini menjadi rukun yang paling menjadi dambaan setiap insan umat Islam untuk menyengaja (mampu) datang ke Baitullah, anak juga perlu tahu tentang spirit ibadah haji yang teramat sakral tersebut," komentar Arina Izzal Muna, seorang pendidik KB Al-Azhar, Jekulo, Kudus.

Menurut perempuan yang akrab disapa Arina dalam kegiatan Manasik Haji KB Al-Azhar dilaksanakan 2 gelombang. Yakni, hari Jumat dan Sabtu (22-23/09/2017) di Halaman KB Al-Azhar yang diikuti ratusan putra-putri KB Al-Azhar.

"Kegiatan manasik haji juga menanamkan nilai agama dan moral agama sejak dini. Di mana haji adalah rukun penyempurna bagi umat islam, sehingga anak-anak memiliki pemikiran yang teguh, kelak untuk melaksanakan ibadah haji sesungguhnya," tuturnya.

Arina menambahkan area yang dipergunakan untuk manasik didesain sedemikian rupa untuk mempermudah anak dalam mempraktikkan ibadah haji seperti halnya di Makkah dan hasilnya mereka mampu melaksanakan kegiatan manasik di pagi hari walaupun suasana agak terik sambil mengucapkan bacaan talbiyah secara bersamaan.

Pada manasik haji kali ini juga dikhususkan membaca doa berbakti kepada orang tua dan kebaikan dunia juga akhirat, sekaligus mengajarkan anak untuk berdoa di tempat mustajab ketika melaksanakan wuquf di arafah. Karena arafah bisa dikatakan sebagai rukun paling utama dalam haji yang tak ditemukan kewajibannya di umrah. (fa)
KB Al Azhar Kenalkan Spirit Ibadah Haji Lewat Manasik KB Al Azhar Kenalkan Spirit Ibadah Haji Lewat Manasik Reviewed by Syaiful Mustaqim on 00:26:00 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.